Makanan yang dianjurkan dalam diet vegan

makanan yang dianjurkanKemarin kita telah bersama-sama mengulas tentang bahan makanan apa saja yang dilarang untuk dikonsumsi saat menjalankan program diet vegan [Baca: Daftar makanan yang dilarang dalam diet vegan].

Pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas tentang makanan apa yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para pelaku program diet ini. Seperti kita tahu bahwa meskipun aturan dasarnya adalah menjauhi semua makanan dari hewan dan apapun yang dihasilkannya, bukan berarti semua sayur dan buah bisa kita konsumsi.

Kerterangan lengkap terkait dengan hal ini bisa dibaca kembali dalam artikel di atas. Setelah mengerti dan memahami apa yang ada di halaman tersebut, kita tentunya bisa memperkirakan Apa saja yang direkomendasikan oleh para ahli untuk dikonsumsi.

Berikut adalah 4 jenis makanan yang dianjurkan dalam program diet vegan, informasi diambil dari berbagai sumber resmi.

1. Pengganti daging

Daging memiliki nilai protein dan asam amino yang begitu tinggi, keduanya sangat diperlukan oleh tubuh agar metabolisme dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sayangnya, daging tidak diperkenankan dalam diet vegan. Untuk mensiasati hal tersebut kita bisa memperoleh protein dari sumber lain seperti kacang-kacangan dan gandum.

Keduanya merupakan sumber protein nabati yang tidak kalah dengan daging. Sedangkan untuk asam amino, kita bisa memperolehnya dari tahu maupun tempe.

Jadi meskipun kita dilarang mengkonsumsi daging dan hewan ternak lainnya, kita tetap bisa menemukan penggantinya dari sayur dan buah-buahan.

2. Pengganti produk susu

Sama halnya dengan daging, produk susu merupakan jenis minuman yang tidak diperkenankan untuk dikonsumsi. Lalu bagaimana kita bisa memberikan asupan kalsium untuk tulang?

Manfaatkan susu beras, susu kacang dan susu kedelai agar kebutuhan kalsium kita tetap terpenuhi meskipun susu yang kita konsumsi bukan berasal dari sapi atau kambing.

Jangan lupa pula untuk membiasakan diri berjemur di bawah sinar matahari agar kalsium yang kita dapatkan bisa diserap dengan baik oleh tulang.

3. Kacang-kacangan serta biji-bijian

Kedua jenis makanan tersebut biasa dinamakan pula dengan sumber protein nabati. Kacang-kacangan dan biji-bijian memang memiliki protein tinggi yang baik untuk tubuh.

Selain protein, keduanya juga mengandung zat besi yang dibutuhkan tubuh agar kesehatan ginjal tetap dalam keadaan baik.

4. Sayur dan buah

Tidak ada yang menyangsikan lagi tentang manfaat buah dan sayuran, keduanya memiliki kandungan nutrisi serta vitamin tinggi.

Vitamin dan nutrisi tersebut diperlukan tubuh agar proses pembakaran lemak dapat berjalan dengan baik, jika kondisi ini dapat kita pertahankan maka dalam waktu singkat berat badan kita dapat diturunkan hingga beberapa kilo.

Saat melakukan metode diet ini, usahakan untuk mengkombinasikan semua bahan makanan di atas ke dalam menu harian. Jangan lupa untuk selalu menyediakan sayur dan buah dalam lemari pendingin agar lebih memudahkan kita saat menjalani program diet ini.

tags: