Makanan yang dapat meningkatkan kelenturan kulit

meningkatkan kelenturan kulitKulit adalah organ pelindung dari masuknya berbagai bakteri dan kuman ke dalam peredaran darah, sayangnya organ ini begitu rapuh dan rentan terhadap berbagai kerusakan yang diakibatkan oleh alam sekitarnya.

Salah satu kerusakan kulit yang biasa kita temukan adalah hilangnya kelenturan kulit sehingga akan terlihat lebih tua dan muncul keriput di sana-sini. Inilah yang disebut dengan tanda penuaan.

Siapapun orangnya tidak menginginkan hal itu terjadi, namun seperti telah dinyatakan dalam beberapa kesempatan, penuaan adalah hal alami dan tidak perlu ditakutkan.

Penuaan baru menjadi masalah jika datang sebelum waktunya, sekali lagi, tanda penuaan yang paling sering didapati adalah kerutan pada permukaan kulit.

Gangguan ini sebenarnya bisa diatasi dengan berbagai macam langkah, kita telah membahasnya dalam sebuah artikel yang diterbitkan di halaman ini [Baca: Cara meningkatkan elastisitas kulit].

Selain langkah dan metode di halaman tersebut, kita juga bisa melawan penuaan dengan selalu mengkonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman.

Berikut adalah daftar makanan yang dapat meningkatkan kelenturan kulit seperti dikutip dari berbagai sumber ahli.

1. Air

Hal pertama yang harus diperhatikan tentu saja asupan air, hal ini tidak dapat dilepaskan dari fakta bahwa hampir 65% tubuh manusia terdiri dari cairan.

Meskipun air bukan termasuk ke dalam kelompok makanan, namun kehadirannya begitu penting untuk mempertahankan kelembaban kulit sehingga kelnturannya dapat selalu terjaga dengan baik.

Universitas East Carolina bahkan merekomendasikan laki-laki dengan usia 19 sampai 50 tahun untuk meminum air sedikitnya 13 gelas perhari, sedangkan untuk perempuan sebanyak 9 gelas air setiap harinya.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan berfungsi sebagai sumber protein nabati yang akan dimanfaatkan oleh tubuh untuk membantu proses regenerasi sel kulit mati. Makanan jenis ini seperti kacang almond juga mengandung vitamin E yang diketahui baik untuk kulit.

Nutrisi tersebut dapat larut dalam lemak dan berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Menurut University of California Riverside, makanan ini dapat mengembalikan kekencangan dan kelenturan kulit yang memudar akibat terjadinya penuaan.

3. Sayur mayur dan buah-buahan

Seperti dituturkan oleh Dr. Lawrence Gibson, buah dan sayur dikenal sebagai sumber vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang dan sebagai penangkal radikal bebas.

Tercatat ada begitu banyak kerusakan kulit yang diakibatkan ketika seseorang terkena radikal bebas. Dengan mengkonsumsi buah serta sayur secara rutin maka resiko tersebut dapat sedemikian rupa kita tekan.

4. Makanan tinggi lemak esensial

Ikan salmon, biji rami serta kenari merupakan beberapa contoh makanan yang mengandung asam lemak esensial. Asam lemak esensial tidak diproduksi oleh tubuh melainkan hanya didapat dari sumber eksternal.

Asam lemak dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kadar kelembaban dan memastikan kulit tetap lentur dan kencang.

tags: