Makanan yang dapat mengurangi jerawat pada remaja

makanan yang dapat mengurangi jerawatBeberapa orang meyakini bahwa coklat dan beberapa makanan lain memiliki pengaruh pada jerawat, keyakinan ini sama sekali tidak terbukti benar dan hanya dianggap sebagai bagian dari mitos belaka.

Walau begitu, makanan memang memiliki pengaruh pada kesehatan manusia. Ini tidak bisa dipungkiri dan telah banyak penelitian tentang hal ini. Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu munculnya jerawat ada pula yang bersifat sebaliknya.

Tapi kembali perlu ditegaskan bahwa coklat bukan termasuk makanan yang dapat memicu munculnya jerawat. Dalam kesempatan terdahulu kita telah mengulas beberapa fakta mengenai jerawat pada remaja [Baca: Yang harus diketahui tentang jerawat pada usia remaja].

Di halaman itu kami telah menjelaskan apa saja data dan fakta yang berhubungan dengan gangguan kulit ini, salah satunya adalah peranan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Tulisan kali ini akan menjelaskan makanan apa saja yang bisa mengurangi jerawat pada kalangan remaja, lengkap dengan alasan dan bukti-bukti medisnya.

Berikut adalah daftar makanan yang dapat mengurangi jerawat pada remaja seperti dilansir dari beberapa jurnal kesehatan kulit.

1. Buah-buahan segar

Mengkonsumsi buah segar secara teratur adalah langkah penting untuk mencegah masalah jerawat, buah seperti ini mengandung berbagai vitamin yang bukan hanya baik untuk kulit namun juga untuk seluruh anggota badan.

Vitamin C yang ada dalam buah segar membebaskan kita dari segala bentuk racun dari kulit sehingga kulit akan tetap bersih dan sehat. Mulailah untuk mengkonsumsi buah-buahan segara untuk menghindari berbgai gangguan kulit, terutama jika anda seorang remaja yang sangat rentan terhadap masalah komedo dan jerawat.

2. Sayuran segar

Selain buah segar, kita juga bisa mengkonsumsi semua jenis sayuran segar agar tubuh menerima asupan gizi tepat. Bila tubuh mendapat asupan gizi dalam jumlah tepat seperti apa yang dibutuhkannya, maka niscaya segal bentuk gangguan pada tubuh dan kulit dapat dengan mudah dicegah.

Masukkan empat atau lima porsi sayuran segar ke dalam menu makan kita setiap harinya agar semua jenis racun dalam tubuh bisa dengan mudah dikeluarkan baik melalui kelenjar keringat atau saluran pembuangan.

3. Penuhi kebutuhan vitamin A

Vitamin A berguna untuk mengurangi dampak iritasi akibat jerawat, dampak tersebut biasanya berupa warna merah pada bagian kulit yang terkena jerawat.

Vitamin ini bisa kita dapatkan langsung dari sumber alaminya seperti minyak ikan dan beberapa jenis sayuran.

4. Cukupi kebutuhan tubuh akan omega3

Omega3 berguna untuk menjaga kesehatan kulit dan melindungi membran kulit, selain itu khasiatnya pun tidak berbeda jauh dengan manfaat vitamin A yakni mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat.

Omega3 bisa kita peroleh dari ikan salmon, alpukat dan beberapa makanan laut lainnya, selain itu bisa kita dapatkan dari suplemen yang banyak dijual di apotik terdekat.

tags: