Makanan yang dapat menambah produksi melanin

produksi melaninPerlu kita ketahui terlebih dahulu bahwa melanin merupakan hal terpenting dalam menjaga kesehatan kulit, senyawa ini berperan penting dalam melindungi kulit dari berbagai bahaya yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

Produksi melanin dapat berkurang seiring dengan usia dan menurunnya metabolisme tubuh seseorang, untuk mengembalikan produksi melanin dalam jumlah tepat kita bisa menggunakan beberapa jenis makanan.

Makanan ini berguna untuk menyediakan nutrisi dan vitamin yang akan digunakan oleh tubuh dalam memproduksi senyawa tersebut. Oleh sebab itu biasakanlah mengkonsumsi beberapa makanan penting ini agar kadar melanin pada kulit tetap normal.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat digunakan untuk menambah produksi melanin agar kulit tetap sehat.

1. Makanan hewani

Makanan ini bisa beragam bentuk dan macamnya mulai dari daging, susu dan lain sebagainya. Menurut universitas Maryland Medical Center, makanan yang berasal dari hewan ternak mengandung nutrisi dan mineral penting untuk kulit.

Salah satu mineral penting tersebut seperti tembaga, tembaga diperlukan tubuh untuk memproduksi melanin dan elastin, suatu zat yang berguna untuk mempertahankan tingkat kekencangan kulit.

Adapaun makanan yang mengandung nutrisi penting tersebut meliputi ayam kalkun, daging ayam, produk susu, hati, tiram dan kerang.

Biasakanlah mengkonsumsi semua jenis makanan yang telah disebutkan di atas minimal dua kali seminggu agar produksi melanin tetap berjalan sebagaimana mestinya.

2. Biji-bijian dan kedelai

Tirosin yang ada dalam kacang kedelai sangat berguna untuk mempermudah tubuh dalam memproduksi melanin. Tirosin sendiri merupakan bagian dari asam amino yang berpengaruh pada pembentukan protein dalam tubuh.

Tirosin yang terdapat pada kedelai bisa jugta kita temukan pada biji labu, biji wijen dan kacang lima. Usahakan untuk memasukkan makanan tersebut ke dalam menu makan kita sedikitnya 3 kali seminggu.

3. Makanan tambahan

Tirosin, tembaga dan nutrisi lainnya bisa juga kita dapatkan dari makanan tambahan lainnya seperti kacang almond, kacang kering, kacang tanah, pisang, alpukat, coklat dan gandum.

Makanan ini bisa kita masukkan ke dalam menu makan atau bisa juga kita gunakan sebagai makanan ringan yang dikonsumsi di waktu santai.

4. Suplemen

Agar tubuh dapat memproduksi melanin, kita juga bisa menggunakan atau mengkonsumsi suplemen tambahan. Namun sebelum mulai mengkonsumsinya konsultasikanlah lebih dahulu dengan dokter gizi terdekat.

Hal ini untuk mencegah hal buruk atau efek samping dari suplemen tersebut. Seperti kita tahu bahwa tidak semua orang dapat mengkonsumsi suplemen tertentu.

Ada beberapa suplemen yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, gangguan kolesterol tinggi dan lain-lainnya. Jika termasuk penderita penyakit tersebut, silahkan tanyakan pada dokter terdekat sebelum mengkonsumsi suplemen jenis apapun.

Dari sini bisa kita simpulkan bahwa selain tubuh dapat memproduksi senyawa-senyawa penting secara mandiri, kita juga bisa membantunya dengan membiasakan diri mengkonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur.

tags: