Makanan terbaik dalam diet dash

Makanan terbaik dalam diet dashPenekanan dalam metode ini memang bukan hanya untuk masalah kegemukan namun lebih terfokus pada gangguan darah tinggi, pengeroposan tulang, diabetes dan gangguan berat lainnya.

Hal tersebut ditegaskan oleh Mayo clinic dan didukung berbagai fakta penelitian yang memahami bidang tersebut. Seperti laiknya metodeĀ  lainnya, dalam dash ada beberapa jenis makanan yang diperbolehkan, dianjurkan bahkan dilarang.

Ketiganya disebut juga sebagai prinsip dasar dalam setiap metode yang berkembang di dunia ini. Kali ini kita tidak akan membahas makanan yang dilarang atau diperbolehkan, namun lebih pada apa saja makanan yang dianjurkan oleh penggagas metode ini.

Berikut adalah daftar makanan terbaik dalam diet dash seperti dikutip dari website resmi mereka.

1. Sayuran dan buah segar

Sebenarnya bukan hanya metode ini saja yang memasukkan kedua jenis makanan tersebut ke dalam makanan favorit mereka, hampir semua metode diet yang dikenal manusia merekomendasikannya.

Hal ini tidak terlepas dari berbagai keunggulan buah dan sayur dari sisi vitamin dan nutrisi yang lebih tinggi dibanding makanan lainnya. Selain bervitamin tinggi, buah serta sayur mayur juga dikenala sebagai makanan rendah lemak dan kalori sehingga aman untuk dikonsumsi siapa saja bahkan bagi orang yang menderita penyakit berat seperti diabetes atau jantung.

Berbagai penelitian pun telah dilakukan dan tidak ada satu teori pun yang membantah tentang keunggulan kedua jenis makanan tersebut, berdasarkan hal ini maka jangan heran jika ada salah satu program yang mewajibkan pesertanya untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan segar saja dan meninggalkan semua jenis daging, produk susu bahkan madu sekalipun.

Buah dan sayuran ini bisa kita konsumsi mentah-mentah atau dimasak terlebih dahulu dengan mengikuti aturan berlaku seperti tidak menggunakan gula dan garam secara berlebih.

2. Biji-bijian

Termasuk ke dalam makanan penting mereka adalah biji-bijian, dash merekomendasikan pesertanya untuk mengkonsumsi sedikitnya 12 macam biji-bijian setiap harinya.

Makanan ini diketahui memiliki kandungan vitamin B6, asam folat, serat dan magnesium yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan mengenyangkan perut.

3. Produk susu rendah lemak

Mengkonsumsi produk susu masih sangat dianjurkan untuk memenuhi semua kebutuhan kalsium dan kalium kita, namun yang diperbolehkan hanya produk rendah lemak. Inilah alasannya kita dilarang mengkonsumsi mentega karena kandungan lemak jenuhnya begitu tinggi.

4. Daging unggas dan ikan

Ikan dan daging unggas dikenal memiliki protein tinggi namun rendah akan lemak dan kolesterol. Bagi kita yang sedang menjalankan program ini untuk menurunkan berat badan maka porsi yang berlaku adalah 1,5 sampai 2,5 porsi per hari.

Untuk daging lainnya seperti daging kambing dansapi sangat tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan kolesterol dan mengandung lemak jenuh cukup tinggi.

5. Minyak

Penggunaan minyak untuk memasak makanan memang tidak bisa dihindari, untuk hal satu ini dash merekomendasikan untuk mengganti minyak berlemak jenuh tinggi dengan minyak rendah lemak seperti minyak zaitun dan lain sebagainya.

tags: