Monday, April 21, 2014
Tips terbaru
Home > Perawatan kulit > Makanan pencerah wajah

Makanan pencerah wajah

makanan pencerah wajahKulit tidak bisa kita lepaskan dari peranan makanan, meskipun produk pencerah atau perawatan lainnya banyak dijual di toko kecantikan namun itu tidak menafikan fungsi makanan bagi kulit.

Beberapa produk bahkan menggunakan bahan makanan di dalamnya guna memperkuat fungsi pada produk buatan mereka. Mermang tidak bisa dipungkiri bahwa semua yang kita konsumsi dapat berpengaruh pada tubuh.

Bukan saja tubuh bagian dalam namun juga bagian terluar seperti kulit dan organ-organ lainnya. Beberapa bulan yang lalu kita pernah membahas tentang makanan apa saja yang berbahaya untuk kulit [Baca: Enam jenis makanan berbahaya bagi kulit].

Dari apa yang ada di halaman tersebut kita mengetahui bahwa begitu pentingnya peran makanan sehingga efeknya bisa langsung kita rasakan pada kulit.

Kali ini kita akan mengulas kebalikan dari halaman di atas yakni makanan yang justru baik dan bisa digunakan untuk mencerahkan wajah.

Berikut adalah beberapa jenis makanan pencerah wajah seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Air dan teh hijau

Kita tahhu bahwa teh hijau memiliki kandungan antioksidan sangat tinggi dan bukan saja baik untuk kulit namun juga untuk kesehatan badan. Sifat yang ada dalam teh hijau inilah yang membantu kita menangkal bahaya radikal bebas.

Radikal bebas memicu terjadinya proses oksidasi yang jika menimpa kulit dapat mengakibatkan kerusakan seperti munculnya tanda penuaan, iritasi, peradangan dan lain sebagainya.

Radikal bebas juga diketahui dapat merusak DNA kita, kerusakan DNA ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada jaringan sel seseorang. Teh hijau hadir dengan antioksidannya yang berguna untuk menangkal itu semua.

Hanya dengan meminum dua cangkir teh hijau di pagi dan sore hari kita sudah dapat merasakan manfaat dalam teh hijau. Meskipun ini bukan termasuk ke dalam makanan, namun tidak ada salahnya kita masukkan ke dalam daftar.

2. Biji-bijian dan kacang-kacangan

Kedua jenis makanan tersebut mengandung selenium dan zinc yang dapat meringankan sekaligus menyembuhkan gangguan jerawat. Bukan hanya berguna untuk penyembuh, zinc dan selenium dikenal sebagai senyawa yang dapat mencegah munculnya jerawat.

3. Bluberi

Buah ini memiliki fungsi yang tidak kalah dengan teh hijau yakni dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak jaringan sel dalam tubuh. Kandungan antioksidan dan fitokimia diketahui baik untuk kesehatan kulit.

Selain memiliki dua sifat tersebut, bluberi juga mengandung vitamin C, E, mangan dan riboflavin.

4. Ikan salmon

Ikan salmon mengandung omega 3, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa asam lemak ini hanya berfungsi untuk melindungi sistem saraf pada otak.

Namun pada kenyataannya omega 3 juga baik untuk kulit karena bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang mengarah pada kerusakan kulit. Ikan salmon juga dikenal sebagai sumber vitamin B12, kalium, protein dan selenium.

Dengan membiasakan diri untuk mengkonsumsi empat makanan tersebut, kita bisa mendapatkan kulit cerah dengan mudah tanpa harus mengeluarkan uang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>