Makanan pencegah kerontokan rambut

pencegah kerontokan rambutKerontokan rambut memang tidak bisa dipandang sebelah mata karena jika salah dalam mengambil solusi maka kerontokan bisa bersifat permanen.

Oleh sebab itu penting untuk diketahui apa saja faktor yang memicu gangguan ini muncul [Baca: Penyebab rambut rontok]. Dengan mengetahui semua penyebabnya, kita diharapkan dapat terhindar sejauh mungkin dari masalah tersebut.

Selain dengan menghidari semua faktor pemicunya, kita bisa mencegah kerontokan dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Hal ini tentu saja dilihat dari kandungan nutrisi dan vitamin pada makanan tersebut.

Berikut ini adalah daftar makanan pencegah kerontokan rambut seperti dikutip dari beberapa sumber ahli.

1. Konsumsi buah bervitamin C

Sebuah lembaga bernama Huntington College of Medical Sciences merekomendasikan pada kita untuk selalu memperhatikan dan mengkonsumsi buah-buahan yang memiliki kandungan vitamin C.

Vitamin ini dibutuhkan oleh folikel untuk menunjang proses pertumbuhan rambut dan kekuatan akarnya.

2. Makanan yang mengandung antioksidan

Dalam beberapa kesempatan yang lalu, kita telah mengulas tentang pentingnya antioksidan bagi seluruh anggota tubuh. Antioksidan berperan penting dalam mencegah oksidasi.

Untuk melindungi rambut dari bahaya kerontokan, para ahli merekomendasikan kita agar selalu mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dan buah-buahan.

Blueberry, paprika, labu dan buah ceri dikenal kaya antioksidan sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dan mencegah rambut rontok.

Kangkung, tomat, wortel dan bayam juga dikenal memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga makanan ini dapat kita masukkan ke dalam menu makan harian kita.

3. Konsumsi daging

Folikel tidak hanya membutuhkan vitamin C dan antioksidan untuk menunjang pertumbuhan serta kekutan rambut. Namun juga membutuhkan komponen lain seperti protein dan mineral.

Protein kita bagi menjadi dua jenis, protein nabati dan protein hewani. Protein kedua bisa kita peroleh dari sumber alaminya yaitu daging ayam serta ikan.

Selain protein, daging juga memiliki vitamin B yang berguna untuk mencegah munculnya gejala kerusakan dan kerontokan pada rambut.

4. Minyak zaitun

Minyak kaya manfaat ini bisa kita gunakan sebagai bumbu dapur atau dioleskan langsung ke kulit kepala. Untuk pilihan kedua kita telah mengulasnya dalam beberapa artikel terdahulu.

Untuk memasukkan minyak zaitun ke dalam makanan cukup mudah, kita hanya perlu mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Selain dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan di atas, kita juga dianjurkan untuk menghindari makanan cepat saji dan olahan agar rambut tetap sehat dan kuat.

Hal ini disebabkan karena lemak dan kalori begitu tinggi namun nilai gizi yang begitu rendah, sehingga para ahli tidak merekomendasikan kita untuk mengkonsumsinya.

tags: