Makanan esensial untuk mengatasi jerawat

Makanan esensial untuk mengatasi jerawatMeskipun gangguan pada kulit ini tidak bisa disembuhkan hanya dengan mengkonsumsi salah satu makanan tertentu saja, namun para hali tetap meyakini bahwa ada abeberapa jenis makanan yang dapat mengurangi jerawat.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa jerawat adalah masalah eksternal dan internal, internal di sini maksudnya adalah produksi minyak berlebih serta berbagai pemicunya, sedangkan eskternal lebih pada penumpukan sel kulit mati, bakteri dan kuman penyebab jerawat.

Dari keduanya kita mengetahui bahwa makanan hanya akan berguna untuk mengurangi atau mengatasi masalah jerawat yang diakibatkan oleh gangguan internal, meskipun memang bakteri dan kuman bisa diatasi jika mengkonsumsi makanan tertentu secara teratur.

Lalu makanan seperti apa saja yang dianggap para ahli dapat membantu kita dalam mengurangi masalah jerawat? Berikut ini adalah beberapa jenis makanan esensial untuk mengatasi jerawat seperti dilansir dari buku berjudul Prescription for Nutritional Healing.

Makanan tinggi Zinc

Menurut Universitas Maryland Medical Center bahwa senyawa ini dapat membantu tubuh dalam mensekresi kelenjar minyak dan meningkatkan produksi kolagen, keduanya dibutuhkan agar semua maalah jerawat dapat teratasi.

Membiasakan diri mengkonsumsi makanan tinggi zinc berguna bukan hanya mengatasi masalah tersebut namun juga terbukti efektif dalam mencegah kehadiran jerawat.

Namun perlu digarisbawahi bahwa ada beberapa orang yang tidak terlalu cocok dengan nutrisi ini, oleh sebab itu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc dalam jumlah besar.

Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena dalam beberapa kasus zinc dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh manusia.

Bawang putih

Ini adalah salah satu rempah-rempah yang telah digunakan sejak zaman mesir kuno untuk media penyembuh, para tabib di zaman tersebut telah terbiasa menggunakan bawang putih sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Meskipun tidak semua orang menyukai rempah ini namun karena tersedia dalam berbagai bentuk suplemen maka bisa dikonsumsi oleh semua orang.

Kandungan yang terdapat dalam bawang putih diketahui dapat membasmi segala jenis kuman dan bakteri dari permukaan kulit, selain itu kandungan antioksidannya juga bisa dimanfaatkan untuk mecegah tanda penuaan dini atau kerusakan kulit yang diakibatkan oleh radikal bebas atau paparan sinar matahari.

Penggunaan rempah ini bisa dengan dimakan secara langsung atau juga dioleskan pada bagian kulit yang bermasalah dengan jerawat.

Biji rami

Asam lemak esensial dalam biji rami diketahui dapat mencegah masalah jerawat batu, selain itu beberapa senyawa dalam biji rami juga diketahui dapat meningkatkan elastisitas kulit sehingga terhindar dari kuliut kendur atau kerutan.

Ketiga jenis makanan di atas memang tidak dapat mengobati jerawat secara langsung, namun begitu dengan mengkonsumsinya secara teratur maka beberapa pemicu gangguan tersebut dapat dibasmi secara efektif sehingga proses penyembuhan dapat lebih cepat dilakukan.

tags: