Makanan diet dukan dalam fase kedua

makanan diet dukan tahap duaSesuai dengan apa yang telah dijanjikan kemarin bahwa hari ini kita akan membahas daftar makanan yang diperbolehkan untuk dikonsumsi dalam diet dukan fase kedua.

Jika ada yang belum membaca keterangan sebelumnmya, dianjurkan untuk membacanya lebih dulu agar tidak kesulitan dalam memahami isi artikel ini. Silahkan baca di sini untuk informasi terkait [Baca: Daftar makanan diet dukan dalam fase pertama].

Setelah mengerti benar isi halaman tersebut, sekarang kita lanjutkan pembahasan selanjutnya.

Berikut ini adalah makanan diet dukan dalam fase kedua atau yang biasa dikenal dengan tahap cruise, semua informasi dirangkum dari berbagai sumber resmi.

Tahap kedua dalam diet dukan ini berlangsung ketika fase pertama selesai dan berakhir hingga tujuan atau target tercapai. Peraturan yang ada dalam tahap ini sebenarnya tidak terlalu berbeda jauh dengan tahap pertama.

Masih fokus pada makanan berprotein namun porsinya lebih ditingkatkan lagi, selain itu asupan karbohidrat dan lemak juga dikurangi sedemikian rupa.

1. Hari protein

Protein day atau hari protein merupakan hari dimana kita hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan berprotein. Dalam hari ini, menu yang harus kita makan hanya meliputi daging, produk susu, telur, daging merah rendah lemak, kerang, kalkun dan ikan.

Perlu diperhatikan bahwa makanan diatas harus rendah lemak, oleh sebab itu hindari semua bagian berlemak dari makanan-makanan di atas.

2. Hari sayur dan protein

Pada hari ini kita hanya diperbolehkan mengkonsumsi sayuran yang mengandung protein. Beberapa jenis sayuran yang dimaksud seperti lobak, buncis, mentimun, brokoli, bawang, bayam, lada, terong, kubis dan salad.

Dalam tahap ini kita masih diperbolehkan makan sebanyaknya namun menu makan harus tetap mengikuti aturan di atas.

Bagaimana melakukan itu semua? Mudah, point pertama dilakukan di hari pertama dan point kedua kita terapkan di hari kedua, lakukan terus sampai fase ini berakhir.

Pertama kali kita mungkin akan merasakan bosan, namuan setelah dua minggu kita akan terbiasa dengan semua aturan-aturan tersebut.

Pedoman lainnya

Dalam fase ini kita dianjurkan untuk meminum air sedikitnya 1,5 liter perhari. Hal ini dilakukan demi menjaga kebutuhan cairan tubuh agar metabolisme tubuh tetap terjaga.

Selain mengikuti pola makan yang telah ditetapkan, kita juga masih diharuskan untuk menjalankan latihan atau olahraga secara teratur. Olahraga ini bukan hanya membantu kita dalam mempercepat proses penurunan badan, namun juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular.

Perlu kita pahami bahwa diet tidak akan membuahkan hasil maksimal bila tidak disertai dengan latihan dan olahraga secara teratur. Alasannya simpel, dengan berolahraga sistem metabolisme dan kekebalan tubuh seseorang meningkat.

Saat kondisi tetap terjaga, maka tubuh dapat dengan mudah membakar lemak. Protein yang kita konsumsi dalam diet ini digunakan oleh tubuh untuk membantu proses pembakaran tersebut.

tags: