Makanan dalam diet golongan darah B

Makanan dalam diet golongan darah BMeskipun metode ini banyak dikritik oleh para ahli yang berada dalam Mayo clinic dan universitas Southern California karena kurangnya data dan fakta ilmiah yang mendukungnya, namun banyak masyarakat mempercayai teknik ini dan mengklaim bahwa berat badan mereka bisa diturunkan dengan menjalankan metode ini.

Terlepas dari berbagai kontroversi yang mengiringinya, kali ini kita hanya akan fokus pada pembahasan mengenai makanan apa saja yang harus dikonsumsi oleh orang bergolongan darah B.

Untuk anda yang memiliki jenis darah O, kami juga telah mengulasnya secara detail di sini, silahkan baca kembali halaman tersebut untuk mengetahui informasi selengkapnya.

Berikut adalah beberapa daftar makanan dalam diet golongan darah B yang harus dikonsumsi agar berat badan dapat segera diturunkan.

Produk susu

Jika golongan darah O tidak diperkenankan atau harus membatasi diri dalam mengkonsumsi produk susu dan makanan yang dihasilkan olehnya, maka untuk orang yang memiliki darah B diperbolehkan meminum produk susu atau makanan yang dibuat dengan susu.

Meski demikian, karena tujuannya adalah untuk mengatasi masalah berat badan maka diharuskan untuk memilih produk susu rendah lemak dan tentu saja tidak mengandung banyak kalori dan gula.

Lemak, kalori serta gula merupakan faktor utama penyebab masalah obesitas. Tidak mengherankan bila metode diet apapun melarang pesertanya untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung ketiga unsur tersebut.

Unggas dan daging

Selain diperkenankan untuk meminum produk susu, tipe ini juga diperkenankan untuk memakan daging. Beberapa jenis daging yang dianggap paling baik untuk tipe B adalah kelinci, domba dan kambing.

Namun ada satu daging yang tidak boleh dimakan karena dianggap mengandung agglutinating yang dapat membahayakan darah tipe B dan berpotensi menyebabkan stroke dan sistem imun tubuh. Daging tersebut adalah daging ayam.

Makanan laut dan ikan

Jenis ikan yang diperbolehkan adalah ikan yang hidup di laut dalam seperti salmon, cod dan ikan trout. Sedangkan ikan atau makanan laut di perairan dangkal seperti kerang harus dihindari karena dianggap mengandung lektin dan kurang baik untuk tipe B.

Sayuran dan buah

Hampir semua jenis buah diperbolehkan untuk darah jenis B, namun yang paling dianjurkan adalah pisang, anggur, cranberry dan pepaya. Sedangkan untuk sayuran, semuanya bisa dikonsumsi namun sayuran berdaun hijau lebih diprioritaskan.

Biji-bijian

Semua jenis biji-bijian boleh dimakan kecuali makanan yang terbuat dari gandum dan jagung. Sedangkan jenis biji-bijian yang dianggap paling baik adalah beras, nasi dan oatmeal.

Makanan yang harus dihindari

Bila semua keterangan di atas merupakan daftar makanan yang dianjurkan, maka sekarang perlu diketahui juga tentang makanan yang harus dihindari oleh golongan darah B.

selain daging ayam dan kerang yang telah dijelaskan di atas, tipe B juga dilarang memakan tomat, gandum, jagung, biji wijen dan kacang tanah. Makanan ini dianggap dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh sehingga berat badan akan lebih sulit dikendalikan.

tags: