Makanan berprotein untuk menguatkan akar rambut

menguatkan akar rambutRambut terdiri dari berbahai hal dan salah satunya adalah protein, oleh sebab itu untuk menunjang pertumbuhannya maka kita harus mengkonsumsi berbagai makanan berprotein tinggi.

Bukan hanya untuk rambut, protein juga digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak, meningkatkan sistem metabolisme tubuh serta berperan penting dalam pembentukan tubuh.

Lalu makanan apa saja yang baik untuk rambut agar akarnya lebih kuat sehingga tidak mudah patah apalagi rontok? Di bawah ini penjelasan selengkapnya.

Berikut adalah beberapa jenis makanan berprotein tinggi yang berguna untuk menguatkan akar rambut sehingga dapat mencegah kerontokan.

1. Daging merah

Meskipun kita mengetahui bahwa daging merah seperti daging sapi tidak begitu baik untuk kesehatan jantung kita, namun berbagai penelitian menunjukkan bahwa daging jenis ini memiliki manfaat lebih untuk kesehatan rambut.

Beberapa ahli merekomendasikan kita untuk mengkonsumsi daging ini sebanyak 2 kali seminggu agar semua kebutuhan protein hewani dapat terpenuhi dan kesehatan rambut tetap terjaga.

Bukan hanya tinggi protein, daging merah mengandung vitamin B dan zinc. Jika daging ini dikonsumsi setiap hari maka jumlah yang bia dikonsumsi hanya sekitar 0,8 gram.

Namun jika kita termasuk orang yang sedang bermasalah dengan organ jantung maka dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi daging jenis ini, gunakan alternatif lain sebagai penggantinya seperti protein yang terdapat pada sayur dan buah-buahan.

2. Ikan

Makanan laut ini tidak kalah hebat dengan daging sapi, mengandung banyak protein dan berbagai jenis vitamin di dalamnya. selain dapat menyehatkan rambut, ikan juga dikenal lebih ramah dengan jantung.

Selain protein ikan juga memiliki senyawa yang dikenal baik untuk otak agar tehindar dari pecahnya pembuluh darah pada sistem saraf.

3. Produk susu

Produk susu merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung banyak protein, dengan mengkonsumsi secangkir susu setiap harinya maka rambut akan selalu sehat dan kuat dari akarnya.

Namun banyak produk susu yang mengandung lemak, oleh sebab itu pilihlah produk yang tidak mengandung lemak atau rendah lemak. Apalagi jika kita termasuk orang yang bermasalah dengan kegemukan atau obesitas.

4. Telur

Sumber protein yang lebih banyak dikenal manusia memang berasal dari hewan, hampir setiap point diatas membuktikannya, dibanding ketiga point di atas, kandungan protein pada telur tidak kalah jauh.

Makanan ini bahakan dianggap sebagai sumber protein terbaik setelah daging. Dalam setiap sepertiga cangkir telur, terdapat sekurangnya 7,53 gram protein.

Oleh sebab itu banyak ahli kesehatan rambut menyarankan agar makanan ini dikonsumsi secara teratur setiap hari untuk mendapatkan rambut sehat dan kuat.

Selain itu telur juga memiliki berbagai senyawa lain di dalamnya yang semuanya memiliki manfaat masing-masing untuk tubuh.

Semua jenis makanan yang telah disebutkan dalam artikel ini dikenal baik untuk kesehatan rambut, meski demikian jika memiliki alergi terhadap salah satunya maka tinggalkan saja dan cari makanan penggantinya.

tags: