Lotion organik untuk kulit kering

Lotion organik untuk kulit keringSemakin berkembangnya kesadaran tentang pentingnya kesehatan membuat produk organik lebih banyak dicari orang akhir-akhir ini, produk tersebut bukan hanya meliputi makanan atau minuman organik saja melain juga meliputi produk perawatan kulit.

Untuk mendapatkan produk seperti ini tidak sulit jika mengetahui aturan dan tips dalam memilihnya, namun bila dilakukan secara serampangan maka besar kemungkinan pilihan kita tidak tepat sasaran.

Diantara sekian banyak produk berlabel organik, lotion organik adalah salah satu produk yang paling banyak diminati terutama untuk orang yang memiliki kulit kering.

Di bawah ini adalah penjelasan detail mengenai lotion organik untuk kulit kering seperti dikutip dari beberapa pakar kulit.

Apa yang dimaksud dengan lotion organik?

Sebenarnya produk organik dalam kaitannya dengan perawatan kulit sama sekali tidak diatur dalam lembaga pengawas pangan Republik Indonesia, lembaga yang membidangi hal ini adalah departemen pertanian.

Pelabelen ‘organik’ oleh departemen ini hanya mencakup bahan pangan, ternak dan makanan yang dihasilkan oleh tanaman. Kondisi ini tidak jauh berbeda dengan yang terjadi di negara-negara lain.

Amerika misalnya, badan yang bertugas mengawasi dan berhak memberikan label ‘Organik’ pada beberapa produk adalah FDA, di situ tidak ada penjelasan tentang produk perawatan.

Oleh sebab itu pelabelan 100% organik dalam beberapa produk dianggap hanya sebagai alat marketing atau pemasaran belaka, meskipun memang ada beberapa yang menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, madu dan lain sebagainya.

Dari keterangan di atas sebenarnya kita bisa mengetahui bahwa yang dimaksud dengan lotion organik adalah lotion yang mengandung bahan alami seperti lidah buaya dan lain sebagainya.

Sedangkan berapa banyak prosentase bahan alami tersebut sehingga suatu produk berhak dilabeli dengan ‘organik’ tidak dijelaskan secara rinci oleh departemen pertanian kita.

Memahami label

Karena lembaga pengawas kita tidak pernah menjelaskan tentang lotion, maka membaca label dengan cermat adalah cara satu-satunya agar kita tidak salah memilih.

Ada banyak kata dan ungkapan pada beberapa lotion yang ditemukan di toko kecantikan, beberapa diantaranya seperti 100% organik, dibuat dengan bahan organik dan masih banyak kata dan kalimat lainnya.

Pilihlah lotion yang memiliki label 100% organik karena jika apa yang diucapkan oleh produsen itu benar maka lotion yang kita beli dibuat dengan bahan-bahan alami dan prosentasenya mendekati angka 90%.

Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk kulit kering?

Jika kita bermaksud mencari lotion untuk mengatasi kulit kering, maka carilah lotion yang terbuat dari bahan alami. Perhatikan label dan sesuaikan dengan informasi di point atas.

Jika lotion tersebut menyatakan bahwa produknya terbuat dari bahan alami atau 100% organik maka sekarang kita lihat lebih seksama lagi kandungannya.

Untuk kulit kering, bahan alami yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi kulit kering adalah oatmeal, minyak zaitun, lidah buaya, minyak lavender dan lain-lainnya.

Pastikan lotion tersebut mengandung beberapa bahan di atas atau salah satunya, jangan lupa pula untuk memperhatikan prosentasenya. Dari sini saja sebenarnya kita sudah bisa membaca kebenaran label pada lotion tersebut.

tags: