Lima Tips Diet Untuk Menurunkan Berat Badan

Lima Tips DietDiet termasuk salah satu cara terbaik dalam menurunkan berat badan, diet yang dimaksud di sini adalah diet dengan mengatur pola makan baik itu dari segi jenis makanan maupun dalam waktunya.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pola makan sangat mempengaruhi kesehatan dan berat badan manusia. Kesalahan sedikit saja dalam pola makan bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan berat badan seseorang. Lalu apa saja hal yang harus kita ketahui terkait dengan pola makan yang telah terbukti dapat membantu kita dalam menurunkan berat badan?

Berikut ini merupakan lima tips diet untuk menruunkan berat badan seperti dikutip dari beberapa sumber.

1. Jalankan diet seimbang

Tidak perlu mengurangi porsi makan selama hal itu tidak berlebihan, yang dimaksud dengan diet seimbang adalah jumlah serta, vitamin, nutrisi, kalori dan elemen lainnya harus proporsional. Perbanyak konsumsi makanan bervitamin dan bernutrisi tinggi serta membatasi asupan gula dan makanan berlemak.

Selain itu makanan juga harus mengandung serat tinggi untuk membantu sistem pencernaan dalam memproses semua makanan yang masuk. Protein juga merupakan salah satu elemen yang tidak boleh kita lupakan, protein bisa kita dapatkan dari hewan ternak maupun dari sayur mayur.

2. Perhatikan cara makan

Makanan yang tidak dikunyak dengan benar dapat mengganggu sistem pencernaan, kondisi ini bisa mempengaruhi berat badan seseorang bila terus menerus dilakukan. Untuk itu pastikan kita mengunyah makanan sampai benar-benar halus sebelum menelannya agar sistem pencernaan tidak bekerja terlalu keras.

Selain itu hindari pula kesalahan yang paling sering dilakukan oleh banyak orang saat makan. Mengobrol, membalas SMS, menonton televisi dan aktifitas lainnya dapat mengganggu konsentrasi makan.

Saat ini terjadi maka makanan yang masuk ke dalam perut akan lebih banyak dari biasanya karena sinyak kenyang tidak diterima dengan baik.

3. Perbanyak asupan cairan

Pembakaran lemak bisa berjalan dengan sempurna bila metabolisme tubuh dalam keadaan baik, salah satu elemen yang mendukung metabolisme tubuh adalah cairan yang tersedia.

Untuk itu pastikan agar kita selalu memberikan asupan cairan yang tepat untuk tubuh agar terhindar dari dehidrasi dan menjaga sistem metabolisme.

4. Jadwal ulang waktu makan

Kebiasaan yang paling sering dijalankan oleh banyak orang adalah makan dua atau tiga kali sehari dengan porsi yang cukup besar tentunya. Metode ini sebenarnya tidak terlalu baik untuk sistem pencernaan karena bisa mengganggu proses pencernaan dan menimbulkan naiknya berat badan.

Lima atau enam kali sehari degan porsi kecil jauh lebih baik dari pada tiga kali dengan porsi lebih besar.

5. Perhatikan makanan ringan

Banyak makanan ringan yang tinggi akan garam, kalori, gula, bahan pengawet, pewarna buatan dan lain sebagainya. Makanan ringan seperti ini bisa meningkatkan berat badan, untuk dapat menurunkan berat badan dengan cepat salah satunya adalah dengan mengganti makanan ringan tersebut dengan cemilan yang jauh lebih sehat.

tags: