Lima Tips Menangkal Tanda Penuaan

Tips Menangkal Tanda PenuaanSeiring bertambahnya usia seseorang maka kulit akan semakin terlihat kering, bersisik, terlihat lebih kendur, muncul garis-garis halus di sekitar mata dan mulut, flek hitam dan berbagai tanda penuaan lainnya.

Penuaan adalah proses alami dan akan dialami oleh setiap manusia, namun dengan perawatan yang tepat maka kita bisa mencegah atau memperlambat munculnya tanda penuaan tersebut.

Ikuti lima tips menangkal tanda penuaan berikut ini agar wajah terlihat 10 tahun lebih muda.

Lindungi dari sinar matahari

Sinar matahari merupakan musuh utama kulit, kulit yang terpapar oleh sinar ini akan mengtalami pigmentasi yang tidak merata sehingga akan muncul flek hitam. Selain flek hitam, radiasi yang dihasilkan olehnya dapat membuat kulit kehilangan kelenturannya sehingga cepat atau lambat wajah akan terlihat kendung dan muncul kerutan di sana-sini.

Oleh sebab itu semua pakar kulit sepakat bahwa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari adalah hal penting yang tidak boleh diupakan. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu menggunakan krim tabir surya dengan tingkat SPF yang sesuai dengan jenis aktifitas sehari-hari.

Untuk batasan aman, beberapa ahli merekomendasikan krim tabir surya dengan tingkat SPF minimal 30 agar krim tersebut mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet.

Lakukan perawatan secara teratur

Agar kulit senantiasa kencang, bebas kerut dan garis halus tentunya membutuhkan perawatan teratur dan benar. Tanpa dirawat dengan baik maka berbagai kerusakan kulit tidak terhindarkan termasuk tanda penuaan.

Tidak banyak yang harus kita lakukan untuk merawat kulit, cukup ikuti tiga langkah mudah berikut ini:

  • Bersihkan: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit masing-masing untuk menghilangkan semua kotoran dan debu yang menempel di permukaan kulit
  • Gunakan pelembab: Oleskan pelembab yang dirancang khsusu untuk jenis kulit anda, pelembab membantu kulit tetap lembab dan terhindar dari bahaya kulit kering
  • Lakukan pengangkatan sel kulit mati: lakukan proses pengangkatan sel kulit mati satu atau dua kali seminggu untuk memastikan kulit tetap bersih dan tidak terjadi penyumbatan

Minum air secukupnya

Tips selanjutnya adalah meminum air secukupnya, air memiliki banyak kegunaan untuk manusia. Beberapa diantaranya adalah menjaga suhu tubuh dan membuang racun.

Racun adalah salah satu hal yang berdampak negatif paad kulit, oleh sebab itu pastikan meminum air minimal 7 sampai 8 gelas setiap hari agar air yang kita minum dapat efektif mendorong seluruh racun dari dalam tubuh lewat saluran pembuangan atau kelenjar keringat.

Konsumsi makanan yang sehat

Baik atau tidaknya kesehatan kita sebagian besar ditentukan oleh apa yang kita makan sehari-hari. Untuk menjaga kulit tetap kencang dan bebas tanda penuaan, pastikan untuk mengkonsumsi beberapa jenis sayur dan buah yang terbukti baik untuk kulit.

Buah dan sayur apa saja yang dianjurkan pakar kulit? Silahkan lihat pembahasannya di halaman berikut ini [Baca: Empat jenis makanan pencegah tanda penuaan].

Lakukan pengobatan secepat mungkin

Jika kulit sedang mengalami masalah seperti jerawat, komedo atau lainnya, maka segeralah untuk mengambil langkah pengobatan secepat mungkin. Pengobatan yang dilakukan sedini mungkin dapat meningkatkan peluang untuk sembuh, jadi jangan tunggu hingga gangguan tersebut menjadi lebih parah.

tags: