Lima Teknik Perawatan Kulit yang Harus Anda Lakukan

Teknik Perawatan KulitBanyak metode perawatan kulit yang bisa kita lakukan demi menjaga kulit tetap sehat dan cantik, metode atau teknik yang digunakan oleh setiap orang mungkin berbeda, namun tujuannya jelas sama.

Bila anda termasuk orang yang masih ragu dengan metode perawatan kulit yang sekarang ini, tidak ada salahnya mencoba beberapa metode yang dianjurkan oleh pakar kulit berikut ini.

Di bawah ini merupakan lima metode atau teknik perawatan kulit yang direkomendasikan para ahli.

Minum air

Cara termudah untuk mendapatkan sekaligus menjaga kulit tetap cantik adalah dengan memberikan tubuh asupan cairan yang cukup. Air yang paling dianjurkan di sini adalah air putih, sedangkan berapa banyak yang dibutuhkan semua tergantung dari tiap individu.

Namun standar umum yang berlaku untuk semua orang berkisar antara 7 sampai 8 gelas perhari. Dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh, maka kelembaban pada kulit akan tetap terjaga dan semua racun dari dalam tubuh maupun kulit lebih mudah dikeluarkan.

Bersihkan wajah dua kali sehari

Untuk menghindari terjadinya penyumbatan pori-pori kulit maka kita dianjurkan untuk mencuci wajah dua kali sehari. Kita bisa menggunakan pembersih yang biasa kita gunakan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penyumbatan pori-pori berpotensi tinggi terhadap munculnya gangguan jerawat dan komedo. Selain itu metode ini juga berguna untuk menjaga kulit tetap bersih dari segala macam kotoran dan debu yang menempel di permukaan kulit.

Lakukan pengangkatan sel kulit mati

Keberadaan sel kulit mati dapat membuat kulit terlihat lebih kusam, selain itu sel ini cenderung menyumbat pori-pori kulit. Untuk itu diperlukan pengangkatan sel kulit mati agar kulit mampu beregenerasi dengan baik.

Teknik ini hanya dianjurkan seminggu sekali, terlalu sering melakukan metode ini dapat membuat kulit kering dan iritasi. Oleh sebab itu cukup lakukan seminggu sekali dengan menggunakan produk pengangkat sel kulit mati atau dengan membuatnya sendiri.

Bagi yang berminat untuk membuat produk pengangkat kulit mati dengan bahan tradisional, silahkan ikuti panduan lengkapnya di halaman ini [Baca: Angkat kulit mati dengan deep cleanser buatan sendiri].

Bersihkan makeup sebelum tidur

Menurut Dr. Marina Peredo, seorang dokter kulit kenamaan di New York menyatakan bahwa tidur dengan makeup yang masih menempel di wajah dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Kerusakan tersebut diawali dengan munculnya bintik-bintik hitam atau putih yang biasa kita namakan dengan komedo, dan jika kebiasaan ini terus berlanjut maka jerawat tidak dapat terhindarkan lagi.

Oleh sebab itu pastikan untuk selalu tidur dalam keadaan bersih agar kulit senantiasa sehat dan jauh dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Memijat bagian bawah mata

Pemijatan bisa dilakukan dengan menggunakan krim mata atau minyak zaitun. Langkah ini bertujuan agar sirkulasi darah di area tersebut tetap lancar dan terhindar dari masalah kantung mata atau mata panda.

tags: ,