Lima Tanda Penuaan yang Harus Diwaspadai

Lima Tanda PenuaanSeperti yang pernah dijelaskan sebelumnya bahwa penuaan pada manusia merupakan proses alami dan tidak ada seorang pun yang mampu menghindarinya, cepat atau lambat manusia akan menua seiring dengan bertambahnya usia, dan bila waktunya telah tiba maka berbagai tanda akan lebih mudah ditemukan.

Namun kita bisa mencegah atau lebih tepatnya menghambat munculnya tanda penuaan tersebut, caranya adalah dengan mengetahui seluruh tanda penuaan yang telah ada kemudian melakukan langkah sederhana untuk menghilangkannya. Bila hal ini dilakukan mka niscaya anda akan selalu tampak muda meskipun usia sudah tidak bisa dikatakan muda lagi.

Oleh sebab itu, mengetahui tentang gejala dan tanda penuaan wajib hukumnya sebelum memulai menggunakan krim anti aging atau terapi lainnya.

Berikut ini merupakan lima tanda penuaan yang perlu diketahui seperti dinyatakan oleh Dr. Stefanie Williams dan Dr. Martin-Herranz.

1. Bintik hitam

Perlu dibedakan antara bintik atau bercak hitam yang diakibatkan oleh paparan sinar matahari dengan bintik hitam yang muncul dengan sendirinya. Bila bintik atau bercak hitam tersebut muncul setelah kulit terpapar sinar matahari maka kondisi tersebut hanyalah sebuah efek dari radikal bebas.

Tempat yang paling sering bermasalah dengan bintik hitam akibat paparan sinar matahari adalah wajah, tangan, leher dan bagian tubuh lain yang tidak terlindungi.

Namun bila bintik atau becak hitam yang kita temukan berada di area yang terlindungi oleh kain atau baju, maka inilah tanda penuaan yang sebenarnya.

2. Rambut menjadi lebih kering

Penuaan juga sering ditandai dengan kondisi rambut yang menjadi lebih kering dibanding sebelumnya, pada umumnya disertai dengan rambut rapuh dan mudah rontok.

Bila kondisi ini terjadi secara alami tanpa ada penyakit atau gangguan kesehatan yang melatarbelakanginya, maka ini menandakan bahwa kita sudah mulai menua.

3. Kulit kendur

Semakin bertambahnya usia maka semakin menurun pula kemampuan kulit untuk meregenerasi dirinya, selain itu produksi kolagen juga akan turun secara drastis sehingga elastisitas atau kelenturan kulit mengalami penurunan.

Akibatnya adalah kulit menjadi kendur dan tidak lagi kencang, ini adalah tanda utama dimanan proses penuaan sedang terjadi.

4. Kulit kering

Seiring dengan bertambahnya usia maka permukaan kulit tidak lagi mampu untuk menyerap oksigen dari udara dan menyimpannya dalam permukaan kulit tersebut, hal ini menyebabkan kulit kehilangan kelembabannya sehingga kulit akan terlihat lebih kering, kusam dan pecah-pecah.

Hal ini diungkapkan oleh Dr. Martin-Herranz dalam sebuah wawancara dengan media lokal di Amerika.

5. Permukaan kulit lebih kasar

Karena banyak fungsi tubuh yang menurun maka permukaan kulit akan mulai kasar, pembesaran pada lubang pori-pori dan perubahan pada tekstur kulit.

Lalu apa yang bisa kita lakukan setelah menemukan beberapa tanda di atas? Kita bisa melakukan beberapa hal untuk mengurangi atau memperlambat tanda-tanda tersebut dengan menjalankan beberapa tips di halaman ini [Baca: Kumpulan tips untuk menghilangkan tanda penuaan].

tags: