Lima Tanda Kerusakan Rambut

Tanda Kerusakan RambutKerusakan pada rambut disebabkan oleh dua hal yakni faktor eksternal dan faktor internal, faktor eksternal bisa dipicu oleh paparan sinar matahari, radikal bebas, pencemaran lingkungan dan penggunaan produk perawatan rambut berbahaya.

Sedangkan faktor internal meliputi pola hidup yang buruk, kekurangan gizi dan nutrisi, terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal ini, silahkan buka kembali halaman berikut [Baca: Penyebab kerontokan dan kerusakan rambut].

Meskipun kerusakan pada rambut umumnya menunjukkan gejala awal, namun karena ketidaktahuan sebagian orang membuat kerusakan tidak teratasi secara cepat sehingga efek dari kerusakan tersebut semakin meluas dan bertambah parah.

Inilah alasan kenapa kami menulis artikel tentang gejala dan tanda kerusakan rambut, agar pembaca bisa segera mengetahui danĀ  melakukan langkah pencegahan sedini mungkin agar kerusakan tersebut dapat segera teratasi.

Berikut adalah lima gejala dan tanda kerusakan rambut yang paling sering ditemukan pada banyak orang.

1. Susah diatur

Jika kondisi ini sebelumnya belum pernah terjadi, maka berhati-hatilah karena rambut susah diatur menjadi salah satu tanda awal dari sekian banyak tanda keusakan rambut.

Langkah awal untuk mnenangani masalah ini adalah memberikan kelembaban pada kulit kepala dan rambut dengan cara mengoleskan pelembab rambut atau menggunakan kondisioner. Hentikan pula penggunaan sampo bersifat keras dan hair dryer.

2. Kusam

Rambut kusam diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya adalah kekurangan nutrisi. Jika kondisi ini masih tetap terjadi meskipun telah menggunakan kondisoner, maka jelas bahwa ini tanda awal dari kerusakan.

3. Ujung rambut terasa kasar

Pegang ujung rambut lalu arahkan ke atas, gunakan telapak tangan untuk menyentuh dan merasakan bagian ujung ramut tadi. Jika terasa kasar dan sedikit rapuh, maka ini merupakan gejala kerusakan rambut yang jika tidak segera diatasi dapat memicu masalah rambut bercabang.

4. Rambut bercabang

Jika tanda nomor dua tidak diatasi dengan benar maka ujung rambut akan terbelah menjadi dua, ini merupakan gejala lanjutan dari semua tanda kerusakan yang telah disebutkan di atas.

Karena sudah tidak ada cara lain untuk mengatasinya, maka jalan satu-satunya adalah dengan memangkas ujung rambut yang bermasalah tersebut.

Silahkan baca di halaman berikut untuk mengetahui semua hal yang berkaitan dengan persoalan rambut bercabang dan apa saja solusi yang bisa diambil [Baca: Rambut bercabang – penyebab, gejala dan cara mengatasinya].

5. Mudah rontok

Kerusakan yang terjadi pada rambut biasanya berdampak langsung pada kekuatan akar rambut, jika hal ini terjadi maka rambut akan mudah patah dan rontok. Ini adalah tanda kerusakan yang paling parah, bila tidak segera diatasi dengan benar maka kerontokan akan berlanjut pada kebotakan permanen.

Jika semua tanda kerusakan rambut di atas telah anda temukan, maka jangan pernah menunggu untuk melakukan penanganan, silahkan kunjungi dokter untuk mendapat petunjuk lebih lanjut atau gunakan bahan alami untuk mengatasinya, caranya bisa dibaca di sini [Baca: Membuat masker rambut untuk mengatasi rambut rusak].

tags: