Lima Penyebab Rambut Kering

Penyebab Rambut KeringMasalah rambut kering memang kerap kali dikeluhkan oleh warga yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Dalam beberapa kasus, masalah ini dapat menyebabkan ketombe dan kerontokan jika tidak ditangani dengan segera.

Sebelum dapat mengatasinya, kita perlu mengetahui apa penyebab munculnya masalah itu. Hal ini agar kita tidak melakukan kesalahan yang sama dikemudian hari sehingga pengobatan akan lebih efektif.

Banyak hal yang dapat menyebabkan rambut kering, mulai dari kebiasaan hidup, perawatan yang salah, pola makan dan lain sebagainya. Sebagian besar pemicunya berasal dari dalam diri kita, pelajari lebih dalam tentang penyebab rambut kering di bawah ini.

Berikut adalah lima penyebab rambut kering seperti dilansir oleh beberapa sumber.

Depresi

Depresi atau stres menjadi salah satu penyebab paling umum untuk gangguan rambut kering, kondisi kejiwaan ini juga dapat menyebabkan kerontokan dalam jumlah besar.

Perlu diketahui bahwa saat seseorang mengalami tekanan batin luar biasa maka tubuh memproduksi hormon yang dinamakan kortisol. Hormon ini dapat mempengaruhi kekebalan tubuh dan metabolisme seseorang sehingga pada akhirnya dapat menurunkan tingkat kebugaran dan kesehatan.

Kondisi medis

Hal yang berhubungan dengan kondisi medis juga dapat mempengaruhi tingkat kelembaban rambut. Penyakit lupus, tumor, pengobatan kankern seperti kemoterapi juga diketahui dapat berimbas langsung pada kekeringan rambut dan kerontokan.

Pada beberapa jenis obat juga sebenarnya dapat menyebabkan kerontokan bila dikonsumsi dalam waktu lama.

Usia tua

Semakin bertambahnya usia seseorang maka semakin menurun kondisi fisiknya. Kulit, rambut, daya ingat dan lainnya merupakan hal pertama yang akan mudah dilihat ketika seseorang sudah mengalami penuaan.

Kadar lembab pada kulit kepala akan jauh menyusut sehingga rambut akan lebih kering dan telrihat lebih kusam dan sulit diatur.

Malnutrisi

Kekurangan gizi dan nutrisi dapat mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan, jika pada kulit akan terlihat kerutan, maka pada rambut biasanya ditandai dengan rambut kering.

Kekurangan gizi dan vitamin juga dianggap sebagai salah satu penyebab rambut rontok. American Academy of Dermatology menyatakan bahwa ketika seseorang tidak mengkonsumsi zat besi dan protein dalam jumlah yang dibutuhkan maka kulit kepala akan kering.

Berlebihan dalam mengkonsumsi vitamin dan nutrisi juga dapat mengakibatkan hal sama, salah satu contohnya adalah vitamin A yang dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan rambut menjadi kering.

Perawatan rambut yang salah

Ini sebenarnya menjadi penyebab utama terjadinya kerusakan baik pada rambut maupun pada kulit. Metode perawatan yang salah dapat menyebabkan berbagai macam gangguan.

Selain itu, pengunaan produk perawatan yang tidak tepat juga menjadi salah satu alasan kenapa rambut menjadi lebih kering atau menjadi rapuh dan mudah rontok.

Oleh sebab itu perlu diketahui lebih lanjut terkait metode apa yang sebaiknya kita jalankan dan produk seperti apa yang layak untuki digunakan.

tags: