Lima Penghilang Jerawat yang Tidak Terbukti Keampuhannya

Penghilang Jerawat yang Tidak TerbuktiJika anda sering browsing dan mencari artikel atau panduan tentang cara menghilangkan jerawat secara alami, mungkin akan di bawa masuk ke beberapa halaman yang menyediakan panduan tentang hal tersebut.

Sayangnya artikel atau panduan tersebut banyak yang masih memuat tips yang bersumber dari mitos atau keyakinan belaka tanpa disertai dengan bukti medis.

Ingin tahu apa saja metode penghilang jerawat yang telah terbukti hanya membuang-buang waktu saja? Berikut adalah lima metode penghilang jerawat yang tidak terbukti keampuhannya seperti dilansir oleh beberapa pakar kulit.

1. Menggunakan pasta gigi

Pasta gigi memang dapat mengangkat sebagian besar noda dan kotoran yang menempel di permukaan kulit, namun efeknya justru dapat menimbulkan gangguan yang lebih parah. Sebut saja misalnya kulit kering dan terbakarnya lapisan terluar jaringan kulit.

Penggunaan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat sangat tidak efektif dan cenderung menimbulkan kerusakan parah pada lapisan kulit.

2. Jeruk lemon

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa secara garis besar jerawat diakibatkan oleh dua hal yakni infeksi bakteri atau penyumbtan pori-pori disertai dengan kebiasaan buruk sehari-hari.

Jika pemicunya adalah hal pertama maka penggunaan jeruk lemon sangat efektif untuk menghilangkan jerawat, cara kerjanya adalah dengan membasmi seluruh bakteri yang berada di permukaan kulit.

Namun bila pemicu jerawat bukan berasal dari bakteri maka metode ini hanya akan membuang-buang waktu saja. Perlu diingat bahwa metode pengobatan baru akan efektif jika kita mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara menghilangkan atau mengendalikan penyebab tersebut.

3. Irisan tomat

Tomat memang kaya akan vitamin A yang jika diterapkan pada kulit dapat membuatnya lebih bercahaya dan lembut. Namun buah atau sayur ini tidak efektif jika digunakan sebagai penyembuh jerawat. Terlebih jika gangguan jerawat telah masuk pada level kronis maka akan sia-sia jika menggunakan metode ini.

4. Pengelupasan sel kulit

Metode ini memang banyak digunakan orang dan diklaim sebagai cara tercepat dalam menghilangkan persoalan jerawat. Secara kasat mata memang bintik hitam atau jerawat dapat dihilangkan dari permukaan kulit dalam waktu singkat.

Tapi ini hanya akan berlangsung beberapa hari saja, setelahnya kita akan kembali bermasalah dengan jerawat.

5. Tetes mata

Beberapa website melansir bahwa penggunaan obat tetes mata dapat menghilangkan jerawat, pernyataan tersebut tidaklah benar dan cenderung menyesatkan.

Obat tetes mata memang dapat menenangkan kulit sehingga dapat mengurangi iritasi dan peradangan akibat jerawat. Namun untuk menghilangkan masalah jerawat itu sendiri, obat tetes mata tidak dapat dijadikan sebagai jalan keluarnya.

Kesimpulannya adalah, hati-hatilah dalam membaca sebuah panduan yang terkait dengan medis. Lakukan verifikasi tentang informasi yang kita dapatkan agar informasi yang kita peroleh benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

tags: