Lima Masalah Utama Rambut di Musim Panas

Masalah Utama RambutBukan hanya kekurangan air dan kekeringan saja yang biasa terjadi di musim panas, rambut juga mengalami banyak gangguan di musim seperti ini. Bila tidak diwaspadai maka dapat menimbulkan dapmak buruk pada rambut di masa mendatang.

Oleh sebab itu perhatikan selalu faktor kesehatan dan gangguan sekecil apapun agar lebih mudah mendiagnosis dan mengambil langkah pengobatan atau pencegahan sedini mungkin.

Berikut adalah lima masalah utama rambut di musim panas dan cara mengatasinya seperti dilansir oleh Mayo Clinic dan Wikipedia.

Rambut keriting

Ketika musim panas datang maka tingkat kelembaban udara akan semakin meningkat, hal ini memaksa kutikula untuk menyerap kelembaban tersebut sehingga membuat rambut lebih keriting atau ikal.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menggunakan sampo dan kondisioner. Hindari penggunaan alat pengering rambut atau hair dryer di saat-saat seperti ini karena hanya akan menambah masalah menjadi lebih parah.

Rambut kering

Sengatan terik matahari yang melanda bumi membuat rambut menjadi lebih kering, kulit kepala juga akan mengalami hal yang sama dan bisa mengakibatkan kerontokan bila tidak segera dicegah.

Untuk mengatasinya kita bisa menggunakan minyak esensial seperti minyak zaitun dan lavender, gunakan salah satu minyak tersebut untuk memijat kulit kepala setiap malam. Gunakan pula sampo ringan yang tidak mengandung bahan kimia, bilas rambut dengan sampo ini maksimal dua kali seminggu.

Jangan lupa pula untuk selalu melindungi rambut dari sengatan sinar matahari di siang hari, gunakan topi atau produk tabir surya yang dirancang untuk rambut.

Bercabang

Masalah lain yang kerap ditemukan saat musim panas adalah rambut bercabang, terlebih jika seorang wanita masih saja menggunakan hair dryer di saat seperti ini.

Untuk mengatasi hal ini para ahli menganjurkan untuk menggunakan sampo pelembab dan memangkas bagian ujung rambut 4 sampai 8 minggu sekali.

Lakukan pula berbagai cara yang telah dijelaskan di halaman yang secara khusus membahas masalah yang satu ini, silahkan buka halaman ini [Baca: Penjelasan lengkap masalah rambut bercabang dan solusinya].

Perubahan warna rambut

Paparan sinar matahari yang langsung mengarah pada rambut dapat menyebabkan permukaan rambut terbakar, hal ini menyebabkan perubahan warna pada rambut itu sendiri. Selain itu, kadar logam dalam air juga meningkat, saat seseorang berenang dalam air ini maka dapat mempengaruhi warna dasar rambut mereka.

Solusinya adalah dengan melindungi rambut dari sengatan sinar matahari saat beraktifitas di bawahnya atau menggunakan topi renang saat berenang untuk melindungi rambut dari kadar logam pada air yang meningkat akibat paparan sinar ultraviolet.

Ketombe

Penyebab ketombe memang belum diketahui secara pasti oleh para ahli, namun masalah ini kerap hadir dan cenderung meningkat ketika musim panas tiba.

Untuk menghindarinya kita bisa menggunakan sampo secara teratur dua kali seminggu, hindari penggunaan hair dryer. Untuk lebih lengkapnya, silahkan buka halaman ini untuk membaca penjelasan mendalam terkait masalah ini [Baca: Ketombe dan seluruh hal yang berkaitan dengannya].

tags: ,