Lima Manfaat Pepaya Bagi Kecantikan

manfaat pepayaPepaya sering digunakan dalam berbagai ritual kecantikan, buah ini memang kaya akan manfaat baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Begitu banyak vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam pepaya, beberapa diantaranya meliputi flavanoid, vitamin B komplek, asam folat, vitamin A, vitamin C dan lain-lainnya.

Lalu apa saja manfaat buah pepaya bagi kecantikan? Berikut adalah lima macam manfaat pepaya bagi kecantikan menurut berbagai sumber.

1. Mengurangi jerawat

Asam alfa hidroksi pada pepaya berguna untuk mengurangi jerawat, asam ini bukan hanya terdapat dalam daging pepaya, namun juga terletak pada kulitnya.

Anda bisa menggunakan daging buah pepaya atau kulitnya saja untuk mengurangi penyebaran jerawat. Caranya sangat mudah, oleskan buah pepaya langsung ke kulit dan biarkan sampai mengering.

Apabila langkah ini dilakukan setiap hari, maka anda akan terhindar dari gangguan jerawat.

2. Menjaga kelembaban kulit

Enzim papain serta vitamin A pada pepaya berkhasiat dalam menjaga kulit tetap lembab dan segar. Bagi anda yang sering mengalami kulit kering atau pecah-pecah bisa menggunakan buah ini sebagai salah satu solusi alaminya.

Untuk mendapatkan manfaat pepaya bagi kecantikan yang satu ini cukup mudah, tumbuk buah pepaya secukupnya lalu campurkan madu ke dalamnya.

Oleskan pada kulit dan biarkan sampai kering, bilas sampai bersih dan gunakan handuk lembut untuk mengeringkannya.

Anda juga bisa membuat masker pelembab yang terbuat dari pepaya dengan ditambah bahan-bahan dapur lainnya, untuk keterangan dan cara pembuatannya silahkan anda baca di sini >>> Cara membuat masker pepaya.

3. Menghilangkan bintik hitam

Bila buah pepaya dicampur dengan beberapa gelas produk susu cair dan dioleskan pada kulit, maka bintik atau flek hitam di wajah akan memudar.

Pada dasarnya, buah ini bukan hanya dapat menghilangkan bintik hitam di wajah, namun juga berkhasiat dalam meratakan warna kulit.

4. Melembutkan rambut

Rambut yang kasar menyulitkan kita untuk mengatur dan menatanya, bila sudah begini maka kondisioner adalah salah satu jawaban atas masalah tersebut.

Anda tidak harus selalu membeli produk kondisioner, karena dengan pepaya dan bahan dasar lainnya, anda sudah bisa membuat kondisioner sendiri yang jauh lebih aman dan tidak kalah dengan kondisioner komersil.

Sebelum membuatnya, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

  • Buah pepaya secukupnya
  • Minyak zaitun
  • Yogurt
  • Madu
  • Minyak almond

Campurkan semua bahan di atas lalu haluskan, anda bisa menumbuknya atau menggunakan blender. Setelah halus, oleskan pada rambut dan diamkan selama 30 menit.

Bilas dengan sampo sampai bersih dan keringkan, langkah ini akan membuat rambut anda lebih halus, lembut dan mudah diatur.

5. Mengatasi tumit pecah-pecah

Manfaat pepaya bagi kecantikan yang terakhir adalah mengatasi tumit pecah-pecah. Sediakan buah pepaya, pisang masak dan madu secukupnya.

Haluskan semua bahan tadi lalu oleskan pada tumit, biarkan selama satu jam lalu bersihkan dengan air dingin.

tags: