Lima Manfaat Madu Bagi Kecantikan

manfaat madu bagi kecantikanSejak lama, madu telah digunakan sebagai bahan penting dalam perawatan tubuh terutama kulit dan rambut. Setelah berbagai penelitian menemukan begitu banyak manfaat dan khasiatnya, hampir semua produsen kosmetik dan makeup menggunakan madu sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk mereka.

Madu juga digunakan sebagai cara alami untuk menurunkan berat badan, beberapa metode diet mengharuskan pelakunya untuk mengkonsumsi madu secara teratur.

Namun dari sekian banyak khasiat madu, apa saja manfaat madu bagi kecantikan?

Berikut adalah lima macam manfaat madu bagi kecantikan seperti dikutip dari banyak sumber.

1. Melembutkan rambut

Madu bisa digunakan sebagai pengganti kondisioner yang melembutkan rambut. Dengan menerapkannya setiap hari, maka rambut akan lebih halus, lembut dan wangi.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, anda hanya perlu mengoleskan madu ke kulit kepala sambil memijitnya. Setelah itu tunggu 30 menit sampai 1 jam lalu bilas dengan air.

2. Mengatasi jerawat

Salah satu manfaat madu bagi kecantikan yang sudah dikenal masyarakat luas adalah kemampuannya dalam mengatasi jerawat. Seperti telah dijelaskan dalam banyak kesempatan bahwa jerawat biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri.

Untuk membasmi bakteri tersebut, anda bisa menggunakan madu. Madu memiliki sifat anti bakteri yang terbukti ampuh dalam melenyapkan bakteri dalam waktu singkat.

Dengan berkurangnya bakteri pada wajah maka potensi gangguan jerawat otomatis berkurang.

Penggunaannya sangat mudah, oleskan madu pada bagian jerawat dan biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air. Lakukan langkah ini setiap hari maka jerawat akan lebih cepat disembuhkan.

3. Mengurangi lingkar hitam di bawah mata

Lingkar hitam yang muncul di bagian bawah mata disebabkan oleh banyak faktor. Kelelahan, konsumsi makanan yang tinggi lemak, radikal bebas dan banyak lagi penyebab lainnya.

Untuk menghilangkan lingkar hitam di mata, oleskan madu pada bagian tersebut dan diamkan selama 1 jam. Bilas dengan air dingin sampai bersih.

Lakukan langkah ini minimal dua kali seminggu agar lingkar hitam tersebut segera hilang.

4. Mengatasi bibir pecah-pecah

Bibir pecah-pecah disebabkan oleh faktor kelembaban yang buruk, akibatnya banyak terjadi pengelupasan kulit yang tidak merata.

Untuk mengangkat sel kulit mati tersebut, anda bisa menggunakan madu. Caranya cukup campurkan madu, gula merah dan sedikit cairan jeruk lemon.

Aduk sampai rata dan oleskan pada bibir sambil dilakukan pemijatan dengan gerakan melingkar.

5. Mencerahkan kulit

Manfaat madu yang sudah diketahui orang banyak adalah melembabkan kulit. Ketika madu dioleskan pada kulit, maka kulit akan lembab sehingga tampak lebih cerah dan kencang.

Penggunaan madu juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen dalam jumlah besar sehingga kulit akan lebih kencang dan cerah.

tags: