Lima Manfaat Kentang Bagi Kecantikan

manfaat kentangDi Indonesia, kentang lebih sering digunakan sebagai bahan dasar pembuatan makanan ataupun kue. Padahal sebenarnya, kandungan nutrisi dan vitamin dalam kentang bisa kita manfaatkan untuk perawatan kulit dan rambut.

Oleh sebab itu, banyak pakar kulit dan rambut menggunakan kentang dalam pembuatan atau melakukan perawatan rambut dan kulit mereka.

Sebenarnya apa saja manfaat dalam kentang bagi kecantikan? Berikut ini adalah lima manfaat kentang bagi kecantikan seperti dikutip oleh CNN.

1. Memutihkan ketiak

Sifat alami kentang yang mampu memutihkan menjadikannya banyak digunakan sebagai pemutih alami untuk kulit khususnya ketiak. Untuk memutihkan ketiak menggunakan kentang, anda harus menyiapkan beberapa bahan berikut ini:

  1. Satu buah kentang
  2. Satu sendok makan madu
  3. Satu sendok makan cairan jeruk lemon

Tumbuk kentang sampai halus, anda bisa menggunakan blender untuk hasil yang lebih baik. Setelah halus, campurkan madu dan cairan jeruk lemon kemudian aduk sampai rata.

Tunggu selama 30 menit lalu bilas, untuk mendapatkan hasil lebih cepat, lakukan langkah tadi minimal dua kali seminggu.

2. Menghilangkan lingkar hitam di mata

Sayuran ini memiliki sifat pencerah alami yang bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit, salah satu bagian wajah yang sering mengalami masalah adalah bagian kulit di sekitar mata.

Faktor kelelahan, kelembaban yang kurang, radikal bebas, terlalu sering mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan kalori memicu munculnya lingkar hitam di bagian bawah mata.

Untuk mengatasi masalah ini, siapkan bahan alami di bawah ini:

  • Kentang yang sudah dihaluskan
  • Kapas secukupnya

Oleskan kentang yang sudah dihaluskan pada kapas lalu balurkan ke bagian lingkar hitam. Tunggu selama 30 menit lalu bilas dengan air, lakukan cara ini sebanyak tiga atau empat kali setiap minggu.

3. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat kentang bagi kecantikan berikutnya adalah mencerahkan kulit. Seperti yang sudah kami jelaskan di awal bahwa sifat alami kentang adalah mencerahkan.

Oleh karenanya, banyak pakar menggunakan kentang sebagai bagian penting dalam pemutihan kulit. Sayuran ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda pada wajah seperti bintik hitam, flek hitam dan juga bercak merah.

Untuk mendapatkan manfaat kentang tersebut, haluskan satu buah kentang lalu oleskan langsung pada wajah. Diamkan selama satu jam kemudian bersihkan dengan air.

Cara di atas harus dilakukan secara teratur maksimal 2 kali setiap minggunya.

4. Mengatasi rambut kering

Rambut kering diakibatkan karena tidak terjaganya kelembaban kulit kepala dengan baik, untuk itu kita perlu menggunakan langkah tepat supaya kelembaban kulit kepala kembali normal.

Kentang bermanfaat untuk melembabkan kulit kepala, caranya sangat mudah, anda cukup menghaluskan kentang lalu campur dengan daging atau gel lidah buaya.

Oleskan pada kulit kepala sambil memijat-mijat ringan, 15 menit kemudian anda bisa mencucinya dengan sampo yang tidak mengeringkan.

5. Mengatasi uban

Sedikitnya ada enam hal yang memicu munculnya uban lebih dini, semuanya telah kami jelaskan di sini >>> Beberapa jenis kebiasaan yang memicu munculnya uban.

Jika anda sudah terlanjur bermasalah dengan uban, tidak perlu berkecil hati karena masih ada cara untuk menanggulangi gangguan tersebut.

Kupas beberapa buah kentang lalu rebus kulitnya, ambil air rebusan tadi dan dinginkan. Air rebusan kulit kentang tersebut digunakan untuk membilas rambut setiap kali menggunakan sampo.

Itulah beberapa manfaat kentang bagi kecantikan, sebenarnya masih banyak lagi point-point yang belum kami sampaikan di sini. Mungkin pada akan kami lanjutkan pada pembahasan yang akan datang.

tags: