Lima Manfaat Jeruk Bali Bagi Kecantikan

manfaat jeruk baliJeruk bali termasuk dari sekian banyak jenis jeruk yang dikenal manusia. Seperti halnya buah jeruk lainnya yang kaya akan manfaat, jeruk bali memiliki beragam khasiat untuk kesehatan seperti mencegah kanker, meningkatkan kekuatan mata, mengatasi masalah kolesterol dan lain sebagainya.

Namun tahukah anda bahwa manfaat jeruk bali tidak hanya sebatas untuk kesehatan saja? Jeruk bali juga memiliki banyak manfaat bagi kecantikan.

Ingin tahu manfaat apa saja yang terkandung dalam buah ini bagi kecantikan? Berikut adalah lima manfaat jeruk bali bagi kecantikan seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Mengatasi masalah ketombe

Ekstrak biji jeruk bali berguna untuk mengatasi gangguan ketombe dan sekaligus membersihkan folikel rambut dari berbbagai macam kotoran yang dapat menyumbatnya.

Oleh karena itu, penggunaan ekstrak biji jeruk bali bukan hanya dapat mengurangi ketombe, namun juga terbukti ampuh dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.

Anda bisa mengekstrak biji anggur secara manual atau dengan membelinya di toko kecantikan atau toko perawatan rambut. Produk ini sudah dijual bebas dengan harga yang relatif terjangkau.

2. Melembutkan kulit

Kandungan asam amino dan vitamin C yang tinggi dalam jeruk bali, membuat banyak pakar kecantikan kulit memanfaatkan buah ini sebagai bagian penting dalam ritual perawatan kulit.

Apabila dimanfaatkan dengan benar maka buah ini dapat menghaluskan dan melembutkan kulit. Untuk mendapatkan manfaat jeruk bali yang satu ini, silahkan siapkan tiga bahan berikut ini:

  1. Satu buah jeruk bali
  2. Satu buah pisang masak
  3. Buah pepaya secukupnya

Campur semua bahan di atas menjadi satu dalam sebuah wadah lalu tumbuk hingga halus, setelah itu oleskan pada kulit dan biarkan selama 15 menit.

3. Mencegah penuaan dini

Buah ini juga memiliki khasiat dalam menangkal penuaan dini serta memperlambat datangnya tanda penuaan. Sifat antioksidan alami pada buah jeruk berguna untuk meningkatkan perlindungan bagi kulit dari bahaya sinar matahari.

Dengan mengkonsumsinya secara teratur bukan saja dapat melembutkan kulit, namun juga berguna untuk mencegah kanker kulit yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet.

4. Mengurangi minyak berlebih

Anda yang memiliki kulit berminyak cenderung lebih rentan terhadap masalah jerawat dan komedo. Jika tidak secepatnya dicarikan solusi maka besar kemungkinan masalah tersebut akan datang suatu hari nanti.

Selain itu, minyak berlebih juga sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasi masalah minyak berlebih sekaligus menangkal jerawat, gunakan sebuah masker yang terbuat dari jeruk bali.

Untuk bahan yang digunakan dan cara pembuatannya, anda bisa membacanya langsung di halaman ini >>> Cara membuat masker jeruk bali untuk mencegah jerawat.

5. Meningkatkan pembentukan kolagen

Manfaat jeruk bali selanjutnya adalah meningkatkan pembentukan kolagen. Perlu diketahui bahwa kekencangan kulit dan kelenturannya sangat dipengaruhi oleh seberapa besar kolagen dalam tubuh. Bila kolagen berkurang maka kulit dipastikan akan mulai berkeriput dan mengendur.

Untuk mencegah hal tersebut, pastikan untuk mengkonsumsi buah ini secara teratur dan mengoleskan tumbukan jeruk ke kulit setiap hari.

Selain kelima manfaat jeruk bali di atas, anda juga bisa membaca manfaat jeruk lainnya di halaman ini >>> Kumpulan manfaat jeruk bagi kesehatan dan kecantikan.

tags: