Lima Langkah Mudah Menjaga Kulit Kering Tetap Lembut

Kulit Kering Tetap LembutMasalah kulit kering memang bisa dialami oleh wanita dan pria, bahkan tidak jarang masalah ini pun menimpa banyak anak-anak. Untuk menanggulanginya perlu dilakukan perawatan yang tepat. Perawatan ini ditujukan agar masalah tidak berubah menjadi penyebab kerusakan pada kulit seperti kulit pecah-pecah, bersisik dan terkelupas.

Selain itu lakukan pula berbagai metode yang berguna untuk menjaga kulit tersebut tetap lembut, tidak perlu mahal dan sulit. Cukup lakukan lima langkah di bawah ini.

Berikut ini merupakan lima langkah mudah untuk menjaga kulit kering tetap lembut dan halus.

1. Oleskan pelembab

Yang harus dipahami terkait masalah kulit kering adalah kadar kelembaban kulit yang jauh di bawah ambang batas normal, untuk mengatasinya tentu dengan menambahkan kadar kelembaban padanya. Cara paling mudah adalah dengan mengoleskan produk pelembab dengan tepat.

Tepat di sini artinya tepat pemilihan produknya dan tepat penggunaannya. Untuk menghindari efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh produk tersebut, maka pilihlah pelembab yang cocok dengan jenis kulit masing-masing.

Selain itu hindari menggosok kulit saat mengoleskannya, kulit kering sangat rentan terhadap gesekan yang dapat membuatnya lecet atau terkelupas.

2. Oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa

Minyak zaitun dan minyak kepala juga sering digunakan oleh banyak ahli sebagai cara alternatif untuk menjaga kehalusan dan kelembutan kulit kering, selain dapat menghaluskan, minyak zaitun dikenal keampuhannya dalam mengatasi berbagai masalah pada kulit.

Oleskan maksimal dua kali sehari setiap pagi dan sore hari untuk memastikan kulit memiliki kadar kelembaban yang sesuai.

3. Air putih

Tahukah anda bahwa tubuh kita terdiri dari 70% air, oleh sebab itu air sangat dibutuhkan manusia untuk menjaga semua sistem dalam tubuh termasuk kulit. Beberapa fungsi air putih diantaranya dapat membersihkan tubuh dari racun sekaligus mengeluarkan racun tersebut dari dalam tubuh dan juga melembabkan kulit dari dalam.

Minumlah sebanyak 7 sampai 8 gelas air sehari, atau sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

4. Konsumsi tujuh jenis sayur dan buah

Terserah buah atau sayur jenis apa yang akan anda konsumsi, yang jelas adalah biasakan untuk mengonsumsi tujuh jenis sayur dan buah setiap harinya agar kandungan vitamin dan mineral dalam buah dan sayur dapat diserap oleh tubuh dan didstribusikan pada seluruh organ termasuk kulit.

5. Tidur terlentang

Seperti disebutkan di atas bahwa kulit kering sangat rentan terhadap gesekan yang dapat membuatnya mengelupas, salah satu cara untuk menghindari hal ini adalah tidurlah dengan posisi terlentang untuk menghindari gesekan kulit dan seprai.

Selain itu langkah ini juga disarankan untuk menghindari terbentuknya keriput di wajah, untuk memahami lebih lanjut terkait hal ini, silahkan buka rubrik yang secara khusus membahas masalah penuaan dini.

tags: , ,