Lima Kebiasaan Setelah Olahraga yang Merusak Kulit

kebiasaan setelah olahraga yang merusak kulitKerusakan kulit bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah faktor kebiasaan buruk yang selama ini kita lakukan. Mungkin tidak semua orang menyadari bahwa apa yang mereka lakukan selama ini dapat memicu kerusakan kulit tersebut.

Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan tentang kebiasaan apa saja yang diketahui dapat merusak kulit.

Berikut adalah lima kebiasaan setelah olahraga yang merusak kulit seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Menggunakan sepatu berukuran kecil

Dr. Paul Kinsinger menjelaskan bahwa berolahraga dengan menggunakan sepatu yang kekecilan dapat menyebabkan trauma pada kuku, selain itu berpotensi terhadap serangan jamur.

Trauma pada kuku dan munculnya jamur ini disebabkan oleh adanya gesekan terus menerus disertai dengan kondisi lembab. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk menggunakan sepatu yang sedikit longgar.

2. Menggunakan riasan sebelum berolahraga

Kebiasaan ini kerap kali dilakukan oleh para wanita, sebelum berolahraga mereka terlebih dulu menerapkan beberapa jenis makeup.

Kebiasaan ini sangat tidak disarankan oleh banyak pakar kulit, alasannya adalah makeup atau riasan yang digunakan dapat menutup pori-pori.

Seperti diketahui bahwa saat berolahraga maka tubuh akan mengeluarkan keringat, keringat ini membawa serta kuman, bakteri dan sekaligus mendorong keluar kotoran di pori-pori.

Jika kondisi pori-pori saat itu dalam keadaan terseumbat, maka racun dan bakteri tidak dapat dikeluarkan secara sempurna. Akibatnya adalah muncul berbagai jenis gangguan kulit seperti jerawat dan komedo.

3. Mengangkat beban terlalu berat

Ini sering kita temukan di pusat-pusat kebugaran, dengan anggapan bahwa semakin berat beban yang diangkat maka semakin baik pula hasilnya.

Padahal kenyataannya tidak seperti itu, mengangkat beban terlalu berat memaksa wajah mengeluarkan ekspresi berlebihan. Anda tentu paham ekspresi seperti apa yang akan muncul ketika seseorang sedang mengangkat beban terlalu berat.

Ekspresi wajah seperti ini dapat memicu munculnya keriput di bagian dahi, leher dan sekitar mata.

4. Tidak segera mandi setelah berolahraga

Dr. Marina Peredo mengungkapkan bahwa kuman dan bakteri akan terbawa keluar bersamaan dengan keluarnya keringat saat berolahraga.

Jika tidak segera dibersihkan maka bakteri dan kuman tersebut dapat memicu reaksi alergi, ruam atau bahkan iritasi. Langkah terbaik adalah segera mandi dan bersihkan, jangan tunda-tunda lagi.

5. Mengusap wajah dengan tangan

Kebiasaan lain saat berolahraga yang dapat merusak kulit adalah mengusap wajah dengan tangan. Seperti kita ketahui bahwa tangan merupakan salah satu anggota badan yang dipenuhi banyak kuman dan bakteri.

Ketika seseorang menyentuh wajah dengan tangan yang dipenuhi kuman, maka besar kemungkinan terjadi perpindahan kuman dan bakteri dari tangan ke wajah.

Perlu diketahui bahwa salah satu hal yang ditengarai menjadi salah satu pemicu jerawat adalah infeksi kuman dan bakteri.

Itulah lima kebiasaan setelah olahraga yang merusak kulit, usahakan untuk menghindari kelima hal tersebut agar terhindar dari berbagai kerusakan kulit di masa mendatang.

tags: