Lima Kebiasaan Buruk Penyebab Munculnya Keriput

Penyebab Munculnya KeriputKeriput yang muncul tidak pada waktunya menandakan ada beberapa hal yang salah dalam diri kita. Kesalahan ini bisa berupa perawatan kulit yang tidak tepat, penggunaan produk perawatan berbahaya atau bisa juga datang dari kebiasaan yang kita lakukan selama ini.

Parahnya lagi, beberapa hal yang biasa kita lakukan sehari-hari justru dapat menyebabkan munculnya keriput di wajah, leher dan bagian tubuh lainnya. Minimnya informasi membuat sebagian diantara kita justru menganggap bahwa kebiasaan tersebut tidak memberikan dampak negatif.

Untuk itu kami berinisiatif untuk memberikan penjelasan selengkap mungkin tentang kebiasaan apa saja yang dapat mempercepat munculnya keriput pada seseorang.

Berikut ini adalah lima kebiasaan buruk penyebab munculnya keriput seperti di kutip dari sebuah jurnal.

Kurang tidur

Kurang tidur menyebabkan perbaikan sel di malam hari tidak berjalan sebagaimana mestinya, bila kondisi ini terus berlanjut maka kerusakan tidak akan terselesaikan dan akibatnya bisa terlihat langsung pada wajah.

Biasakan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam sehari agar proses perbaikan sel dan regenerasi dapat berlangsung normal.

Stres parah

Ketika seseorang mengalami stres maka secara otomatis tubuhnya akana mengeluarkan hormon kortisol yang bukan saja berbahaya untuk kesehatan secara keseluruhan namun juga dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Stres atau depresi berkepanjangan juga jelas berpengaruh pada kesehatan mental seseorang dan berpengaruh langsung terhadap segala macam tindakan. Pada umumnya orang yang mengalami depresi akut akan mulai melakukan hal-hal buruk yang berbahaya bagi dirinya.

Turunnya berat badan secara drastis

Jika selama ini kita beranggapan atau malah sedang berusaha bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan cepat, maka sebaiknya pikirkan kembali.

Berat badan yang turun secara drastis dan dalam waktu singkat dapat menyebabkan kulit kehilangan elastisitasnya sehingga tampak jelas keriput dan kendur.

Untuk itu tidak disarankan menurunkan berat badan dengan melakukan hal-hal ekstrim yang tidak disarankan oleh para ahli. Penurunan berat badan membutuhkan proses panjang dan pola makan yang sehat.

Tidur dengan menggunakan makeup

Beberapa diantara kita kadang malas untuk beranjak ke kamar kecil hanya untuk membersihkan makeup atau kosmetik yang seharian kita gunakan. Kebiasaan ini berdampak buruk bagi kulit karena berpotensi terhadap penyumbatan pori-pori.

Penyumbatan pori-pori diketahui sebagai penyebab utama masalah jerawat dan dapat mengurangi kelenturan serta kekencangan kulit.

Tidak mengkonsumsi sayur dan buah

Mungkin tidak ada diantara kita yang sama sekali meninggalkan buah atau sayur, namun diakui atau tidak, porsi sayur dan buah yang kita konsumsi setiap harinya masih sangat terbatas.

Perlu diketahui bahwa dalam buah dan sayur terdapat vitamin dan nutrisi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan ini berguna untuk melawan radikal bebas yang timbul oleh paparan sinar matahari dan pencemaran lingkungan.

Mudahnya, antioksidan berperan untuk melindungi kita dari bahaya oksidasi yang dapat menyebabkan munculnya tanda penuaan.

tags: