Lima Jenis Makanan yang Baik Untuk Rambut

Makanan yang Baik Untuk RambutPerlu diketahui bahwa rambut sebenarnya merupakan jaringan yang telah mati, oleh sebab itu tidak ada yang bisa kita lakukan pada helaian rambut dalam kaitannya menyuburkan rambut.

Yang bisa kita lakukan adalah berusaha membuatnya akar rambut lebih kuat dan meningkatkan pertumbuhannya. Perawatan ini tidak bisa dilakukan dari luar, namun dari dalam.

Perawatan dari dalam tidak akan bisa dilepaskan dari bagaimana kita menjalani hidup sehari-hari, pola makan seperti apa yang kita terapkan dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu pola makan dan gaya hidup sehat begitu penting peranannya dalam pertumbuhan rambut dan kekuatan akar. Dari sekian banyak makanan yang bisa kita konsumsi, ada beberapa jenis makanan yang diketahui dapat meningkatkan kesuburan dan kekuatan akan rambut.

Berikut adalah lima jenis makanan yang baik untuk rambut seperti dikutip dari Mayo Clinic.

1. Buah berrie

BUah ini mengandung vitamin C dalam jumlah besar sehingga dapat meningkatkan peredaran darah dan menjaga rambut dan kulit kepala dari bahaya sinar matahari. Pastikan untuk selalu menyediakan buah ini di rumah dan dikonsumsi secara teratur setiap pagi.

Dengan mengkonsumsi secara teratur maka lambat laun kekuatan akar rambut akan jauh lebih baik, kerontokan dan masalah lainnya bisa dihindari sejak dini.

2. Biji labu

Asam lemak, zinc dan biotin dalam biji labu tidak bisa diremehkan begitu saja. Ketiga komponen tersebut sangat dibutuhkan oleh rambut untuk mendukung pertumbuhan dan kekuatannya.

Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat besar dalam biji labu sehingga wajar jika kita sendiri kurang begitu mengenal dengan makanan ini.

Jika ingin memiliki rambut indah dan kuat, pastikan untuk mengkonsumsi biji labu secara teratur. Dalam beberapa bulan mendatang hasilnya bisa kita rasakan.

3. Telur

Kandungan zat besi dan protein dalam telur begitu tinggi sehingga jika dikonsumsi secara teratur maka oksigen dapat dengan mudah dialirkan ke folikel rambut. Pastikan untuk mengkonsumsi telur minimal satu butir tiap harinya untuk mendapat manfaat nyata.

Selain untuk kesehatan rambut, makanan ini sering digunakan oleh banyak pihak untuk berbagai keperluan lainnya seperti pembuatan masker, pembentukan tubuh dan lain sebagainya.

4. Wortel

Anggapan sebagian besar orang terhadap sayur ini adalah hanya berguna untuk meningkatkan kesehatan indra pengelihatan. Padahal faktanya sayur ini baik untuk kesehatan rambut karena dapat memberikan kelembaban alami pada kulit kepala.

Meskipun sayur ini populer di kalangan masyarakat, namun hanya sedikit orang yang menyukainya. Rasanya yang tidak terlalu enak membuat masyarakat lebih memilih sayur lain seperti tomat dan lain sebagainya.

5. Lobak

Bentuknya memiliki kemiripan dengan wortel, sebagian besar berwarna putih. Sayur ini tidak terlalu banyak dikonsumsi oleh masyarakat karena dianggap sebagai sayur tambahan.

Perlu diketahui bahwa dalam sayur lobak terdapat silikon, vitamin C dan belerang yang sangat dibutuhkan oleh tubuh dan rambut.

tags: