Lima Jenis Makanan Untuk Mengatasi Ketombe

Makanan Untuk Mengatasi KetombePola makan yang buruk menyebabkan kita kekurangan nutrisi dan vitamin sehingga tubuh tidak mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Inilah yang menjadi penyebab utama munculnya berbagai gangguan kesehatan termasuk masalah ketombe, penyakit memang bisa datang dari luar, namun pertahanan tubuh yang lemah juga menjadi alasan utama kenapa kita mudah dikalahkan oleh penyakit tersebut.

Ketombe termasuk salah satu gangguan pada kulit kepala yang bisa diakibatkan oleh faktor luar dan dalam, faktor luar meliputi minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di kulit kepala, infeksi jamur atau kurap dan lain sebagainya.

Sedangkan faktor dari dalam biasanya disebabkan karena kekurangan vitaminA, zinc dan lain sebagainya. Untuk mengatasi hal ini perlu dilakukan perombakan besar-besaran terhadap pola makan yang sekarang sedang kita jalankan. Dengan melakukan perubahan ini diharapkan masalah ketombe bisa dikurangi.

Berikut adalah lima jenis makanan untuk mengatasi ketombe seperti dikutip dari beberapa sumber terpercaya.

Omega tiga

Masalah ketombe biasanya muncu pada rambut kering, rambut kering menandakan kita kekurangan asam lemak sehingga kuli kepala tidak mampu menciptakan kelembabannya sendiri. Bila ini yang menjadi penyebabnya, maka cara terbaik adalah mulai dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung omega tiga asam lemak.

Adapun makanan yang megnandung omega 3 asam lemak diantaranya ikan salmon, ikan tuna, kedelai, kenari, minyak canola, biji labu dan biji rami.

Sedangkan tanda yang paling mudah dikenali ketika seseorang kekurangan omega 3 asam lemak adalah peredaran darah terganggu dan kulit kering.

Zinc

Zinc merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan oleh kulit kepala. Perlu diketahui bahwa rambut dan gigi tidak akan bisa tumbuh tanpa adanya zinc yang memadai. Selain itu mineral ini pun digunakan oleh tubuh untuk memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Zinc bisa didapat dari sumber alaminya seperti hewan unggas, makanan laut, kacang-kacangan, daging dan biji-bijian.

Vitamin A

Vitamin A membantu tubuh dalam menjaga kesehatan sel-sel kulit dan mencegah kulit kering. Selain itu vitamin ini juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga lebih tahan terhadap berbagai serangan penyakit.

Makanan yang banyak mengandung vitamin A diantaranya seperti hati, wortel, melon, pepaya, ubi jalar, buah-buahan, telur dan produk susu.

Vitamin B komplek

Vitamin B dan berbagai variannya seperti biotin memiliki peranan penting dalam menjaga kulit tetap normal. Dengan begitu masalah ketombe dapat dicegah sedini dan seefektif mungkin.

Zat besi

Salah satu fungsi penting zat besi adalah membantu suplai nutrisi dan oksigen pada seluruh sel yang ada dalam tubuh termasuk sel yang ada pada kulit kepala. Jika sel kulit kepala mendapatkan nutrisi dan oksigen dalam jumlah cukup maka dapat menangkal berbagai masalah yang mungkin menyerang seperti kulit kepala kering dan ketombe.

tags: