Lima Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memotong Rambut

harus diketahui sebelum memotong rambutBosan dengan gaya rambut yang sekarang anda gunakan dan berencana untuk memangkasnya? Ketahui dulu apa saja yang sebaiknya anda ketahui sebelum memangkas rambut agar hasilnya tidak mengecewakan.

Berikut adalah lima hal yang harus diketahui sebelum memotong rambut seperti yang telah kami kutip dari Chaz Dean, seorang penata rambut para selebriti Hollywood.

1. Pikirkan masak-masak

Sebelum memutuskan untuk memangkasnya, pikirkan matang-matang karena setelah dipangkas maka anda tidak akan lagi memiliki ukuran rambut seperti sekarang, karena butuh waktu lama untuk kembali memanjangkannya.

Pertumbuhan rambut dalam sebulan hanya berkisar sekitar 0,5 inci perbulan atau 6 inci pertahunnya. Jadi pikirkan kembali masak-masak sebelum mengambil keputusan untuk memangkasnya.

2. Perhatikan tekstur rambut

Tidak semua orang cocok menggunakan gaya rambut pendek, beberapa orang menyatakan bahwa kecocokan gaya rambut hanya bergantung pada bentuk dan struktur wajah seseorang. Padahal menurut Chaz Dean, tekstur rambut juga sangat mempengaruhi pemilihan model tersebut.

Rambut tipis misalnya, tidak terlalu cocok bila menggunakan potongan pendek. Namun untuk rambut yang sedikit keriting atau ikal lebih cocok dengan model seperti ini.

3. Gaya seperti apa yang akan digunakan nantinya?

Ini adalah pertanyaan yang harus juga anda jawab sebelum memangkas rambut, pertanyaan di atas meliputi tentang aksesoris yang hendak digunakan, disisir kebelakang, tengah atau ke samping?

Jangan sampai anda kebingungan apa yang hendak dilakukan pada rambut anda setelang pemangkasan selesai dilakukan.

4. Perhatikan struktur wajah

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa struktur dan bentuk wajah sangat menentukan pada cocok atau tidaknya suatu gaya rambut. Bagi anda yang memiliki tulang pipi sedikit menonjol, tulang rahang yang jelas serta mata besar maka potongan pendek akan lebih cocok.

Namun untuk bentuk wajah lainnya, mungkin tidak akan terlalu cocok dengan potongan pendek. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai model apa yang sebaiknya digunakan, tanyakan terlebih dahulu pada orang yang benar-benar mengerti.

5. Bercermin

Lihat di cermin dan bayangkan akan terlihat seperti apa penampilan anda dengan gaya rambut baru. Bila menurut anda lebih cocok dan menarik, silahkan lanjutkan. Namun bila kemungkinan hasilnya mengecewakan, anda masih bisa mengurungkan niat tersebut. Ini adalah cara yang paling sering dianjurkan oleh penata rambut terkemuka termasuk Chaz Dean.

Sebenarnya masih banyak tips lain yang perlu dijadikan pertimbangan, namun kelima hal di atas sudah cukup untuk dijadikan bahan pijakan dalam memutuskan langkah selanjutnya.

Punya tips lain? Bagikan ke kami supaya bisa dibaca oleh pembaca lain, kirimkan lewat kotak komentar atau langsung hubungi kami lewat halaman kontak di bagian atas.

 

tags: