Lima fakta menarik seputar ketombe

fakta menarik seputar ketombeMeskipun masalah ketombe adalah hal biasa dan sering dialami oleh siapapun, namun ternyata ada banyak orang yang belum mengetahui tentang fakta apa yang ada di balik masalah rambut tersebut.

Untuk mengupas lebih dalam lagi tentang fakta tersebut, sengaja kami buatkan sebuah artikel pendek yang memuat informasi tentangnya.

Berikut adalah lima fakta menarik seputar ketombe yang tidak banyak diketahui orang, keterangan ini diambil dari beberapa sumber terkait.

1. Tidak disebabkan oleh rambut kering

Mungkin ketika kita mencari informasi baik melalui media online atau offline, kita akan disajikan beberapa pemicu ketombe. Dan salah satu penyebab utama dari masalah tersebut adalah rambut atau kulit kepala kering.

Namun hal ini dibantah keras oleh Jessica Wu, M.D, Seorang dokter kulit kenamaan di Los Angeles. Dia menyatakan bahwa ketombe lebih sering diakibatkan oleh minyak berlebih pada kulit kepala.

Jika kelebihan minyak ini disertai dengan peningkatan sel kulit mati, maka kita akan lebih sering berhadapan dengan masalah ketombe. Jadi teori yang menyatakan bahwa gangguan ketombe lebih diakibatkan oleh kulit kering adalah kesalahpahaman belaka.

2. Harus lebih sering mencucinya

Banyak orang beranggapan bahwa membasuh rambut dengan sampo terlalu sering dapat menyebabkan kerusakan dan iritasi. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar bila masalah yang sedang dihadapi adalah ketombe.

Saat seseorang terkena ketombe maka salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan mencuci rambut secara teratur dengan sampo. Langkah ini dilakukan satu kali sehari, sedangkan sampo yang digunakan tergantung dari penyebab ketombe itu sendiri.

Untuk mengetahui sampo ketombe mana yang paling cocok kita gunakan, silahkan buka halaman berikut ini [Baca: Penjelasan lengkap tentang sampo anti ketombe].

3. Kulit bersisi dan gatal pada kulit kepala bukan berarti ketombe

Salah satu kesalahpahaman yang paling banyak berkembang di tengah masyarakat adalah jika kepala kita gatal-gatal dan terdapat sisik, maka ini jelas masalah ketombe.

Faktanya tidak seperti itu, NiKita Wilson seorang ahli kimia yang memperhatikan kandungan kosmetik menyatakan bahwa sisi yang muncul pada kulit kepala disertai dengan gatal-gatal bisa jadi diakibatkan oleh senyawa kimia yang ada dalam produk sampo atau produk perawatan rambut lainnya.

Kondisi ini mengindikasikan bahwa kulit kepala tidak cocok dengan senyawa tersebut sehingga mengakibatkan iritasi dan peradangan.

4. Ketombe bukan hanya pada rambut

Tahukah anda bahwa ketombe tidak hanya terjadi pada kulit kepala? Masalah ini juga sering ditemukan pada alis wanita, sisi hidung bahkan bagian telinganya.

Bagian-bagian tersebut dikenal sebagai bagian yang lebih sering berminyak, oleh sebabnya hal ini dianggap mendukung teori urutan pertama di atas.

5. Tidak dapat disembuhkan

Jika anda termasuk salah seorang yang bermasalah dengan ketombe, maka kemungkinan besar anda akan bermasalah dengan gangguan tersebut. Hal ini karena ketombe tidak dapat disembuhkan, satu hal yang perlu kita pahami di sini adalah, meskipun tidak dapat disembuhkan namun gangguan tersebut bisa kita kendalikan.

Pengendalian bisa dilakukan dengan menggunakan sampo anti ketombe dan menjaga rambut agar tetap bersih dan bebas minyak.

tags: