Lima Efek Stres Pada Kecantikan

efek stres pada kecantikanBerbagai penelitian telah dilakukan untuk mengungkap segala fakta di balik stres. Fakta tersebut meliputi reaksi tubuh terhadapnya, efek samping yang ditimbulkan olehnya dan bagaimana cara terbaik untuk mengatasinya.

Semua orang telah tahu bahwa stres sangat berdampak buruk bagi kesehatan manusia, banyak penyakit berbahaya yang diawali dengan stres kronis yang tidak segera diatasi, beberapa contohnya seperti jantung, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Namun kali ini kita kami tidak akan membahas lebih dalam tentang kaitan stres dan apa pengaruhnya untuk kesehatan, yang akan kita bahas sekarang adalah bagaimana stres bisa mempengaruhi penampilan dan kecantikan anda, selain itu penjelasan juga akan dilengkapi dengan langkah mudah untuk mengatasinya.

Berikut adalah lima efek stres pada kecantikan dan beberapa langkah mudah untuk mengatasinya.

Pada kulit

Saat seseorang mengalami stres maka produksi hormon kortisol meningkat taja, hormon ini diketahui dapat menyebabkan banyak masalah dan efek samping yang dapat langsung terlihat pada kulit adalah produksi minyak meningkat sehingga menyebabkan kulit berminyak dan mudah terkena jerawat.

Apabila kondisi ini terus berlanjut maka bukan tidak mungkin minyak berlebih dan jerawat tersebut menimbulkan tanda penuaan dini dan kerusakan pada lapisan permukaan kulit.

Pada rambut

Kerontokan yang dialami oleh sebagian besar manusia diduga kuat dipicu oleh stres yang tidak segera mendapat penanganan yang tepat, kerontokan ini bisa menyebabkan kebotakan sementara dan juga kebotakan permanen.

Ekspresi wajah

Stres juga berpengaruh langsung pada ekspresi wajah, sulit tersenyum, lebih sering cemberut adalah beberapa contoh paling mudah yang bisa kita lihat. Ekspresi ini dapat mengurangi kecantikan anda di depan orang banyak dan tentu saja ekspresi ini dapat memunculkan garis-garis halus di sekitar mulut, hidung dan dahi.

Rasa lelah

Lelah dan tidak ada semangat untuk menjalani hari adalah salah satu efek dari stres, kondisi ini berdampak langsung pada penampilan dan kecantikan seseorang. Wajah akan terlihat lebih kusam, mata akan terlihat lebih sayu dan banyak lagi yang lainnya.

Pada postur tubuh

Postur tubuh sangat dipengaruhi oleh suasana hati seseorang, stres yang kita alami akan telrihat jelas pada perubahan postur tubuh.

Lalu apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi stres agar dampaknya bisa kita hindari? Ada lima cara sederhana yang bisa digunakan untuk meredakan stres, silahkan lakukan beberapa hal mudah berikut ini:

  • Olahraga: Aktifitas ini dapat megnalihkan pikiran seseorang sehhingga beban masalah yang ada dipikirannya saat ini bisa dilepaskan
  • Mengatur pernafasan: Tarik nafas dalam-dalam melalui hidung lalu keluarkan secara perlahan melalui mulut, lakukan tips ini sebanyak lima sampai sepuluh kali dan anda akan merasa lebih rileks
  • Tidur: Salah satu langkah yang bisa kita jalankan adalah tidur, dengan istirahat cukup maka stres dapat dikurangi
  • Minum banyak air putih: Ini adalah langkah pencegahan atas efek yang mungkin ditimbulkan saat stres, bukan rahasia lagi jika stres melanda seseorang, maka ia akan lebih banyak mengkonsumsi minuman berkafein yang efeknya akan terlihat langsung pada kulit.

Lakukan kelima langkah di atas agar stres bisa segera kita kendalikan sehingga resiko yang mungkin kita hadapi dapat diturunkan semaksimal mungkin.

tags: