Lima Efek Samping Sampo Anti Ketombe

efek samping sampo anti ketombeSalah satu cara ampuh dalam menghilangkan atau mengurangi masalah ketombe di kulit kepala adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Produk ini bisa dengan mudah kita dapatkan di toko atau warung terdekat, yang menjadi pertanyaan adalah apakah sampo tersebut benar cocok untuk kita atau tidak?

Selain itu apakah ada efek samping yang mungkin kita dapatkan setelah menggunakannya? Karena sebagian besar sampo anti ketombe terdiri dari bahan kimia maka efek samping yang ditimbulkan mungkin berbeda antara satu produk dengan produk sampo lainnya.

Oleh sebab itu kami hanya akan mengulas tentang senyawa kimia yang biasa ditemukan dalam sampo anti ketombe dan menerangkan apa saja efek samping yang mungkin ditimbulkan oleh senyawa tersebut.

Berikut adalah lima efek samping sampo anti ketombe berdasarkan senyawa kimia yang terkandung dalam sampo tersebut.

Zinc

Ini adalah senyawa yang biasa kita dapati di berbagai sampo anti ketombe, silahkan lihat pada label kemasannya maka anda akan sangat mudah menemukan tulisan ini.

Pada sebagian kecil orang, zinc dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit. Namun jumlah kasusnya sendiri teramat kecil dan hanya beberapa persen saja dari total pengguna produk yang mengandung zat ini.

Coal Tar

Coal Tar atau tar batubara juga merupakan salah satu bahan yang umum ditemukan dalam berbagai merk sampo anti ketombe. Zat ini sebenarnya berbahaya untuk kulit dan pada beberapa negara tegas melarang penggunaan senyawa ini.

Canada dan Uni Eeropa adalah wilayah yang melarang keras penggunaan coal tar dalam berbagai produk perawatan kulit maupun rambut. Namun di negara lain seperti Amerika dan Indonesia tidak melarang penggunaan bahan ini dalam produk perawatan karena level bahaya dianggap masih terlalu kecil.

Asam salisilat

National Institutes of Health melansir bahwa sampo yang mengandung asam salisilat dapat menyebabkan iritasi dan rasa panas pada kulit kepala. Selain itu penggunaan bahan ini dapat pula menyebabkan efek lainnya seperti mual, pusing dan muntah-muntah.

Asam salisilat digunakan pada beberapa merk sampo karena memiliki fungsi untuk mengangkat lapisan kulit mati termasuk ketombe di kulit kepala sehingga akan lebih mudah dibersihkan.

Ketoconazole

Untuk ketombe yang disebabkan oleh infeksi jamur maka sampo yang mengandung Ketoconazole dianggap sebagai solusi jitu oleh beberapa pakar. Sayangnya senyawa ini dapat menimbulkan peradangan, gatal-gatal bahkan kanker.

Akan tetapi survey yang dilakukan baru-baru ini menemukan bahwa tidak banyak orang yang menemukan efek dari penggunaan ketoconazole karena prosentase penggunaannya memang terbilang kecil. Silahkan lihat di label kemasan produk untuk melihat berapa banyak zat ini digunakan.

Selenium

Tidak semua orang bisa menggunakan produk yang mengandung selenium, beberapa orang justru mengalami iritasi dan gatal-gatal setelah menggunakan sampo yang mengandung selenium.

tags: ,