Lima Cara Mudah Untuk Mengatasi Kulit Kusam

cara mudah mengatasi kulit kusamSalah satu masalah yang tidak kalah sering menimpa banyak orang adalah kulit kusam. Kondisi kulit seperti ini bisa terjadi karena banyak hal seperti sinar matahari, kelembaban yang buruk, angin, cuaca bahkan pola makan kita sehari-hari.

Bila kebetulan salah satu dari anda sedang mengalaminya, ikuti beberapa tips mudah di bawah ini. Berikut ini merupakan lima cara mudah untuk mengatasi kulit kusam.

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah sebuah metode paling cepat dalam mengatasi kulit kusam, metode ini dilakukan dengan cara mengangkat seluruh permukaan kulit sehingga lapisan kulit yang ada di bawahnya menggantikan lapisan kulit terluar tadi. Karena lapisan kulit kedua lebih lembab dan masih baru maka permukaan kulit akan lebih cerah, halus dan kencang.

Menurut Jeannette Graf, seorang asisten profesor di Mount Sinai School of Medicine menyatakan bahwa ketika berusia 20 tahun maka setiap 28 hari lapisan permukaan kulit akan mati. Seiring bertambahnya usia, proses tersebut berjalan lebih lambat sehingga sel kulit mati akan menumpuk di permukaan sehingga membuatnya lebih kusam.

Untuk menghindari penumpukan sel kulit di permukaan maka kita bisa menggunakan metode eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati. Metode ini bisa menggunakan produk pengangkat kulit yang bisa dibeli di toko kecantikan, atau bisa juga menggunakan bahan alami, silahkan baca dan ikuti cara yang pernah dijelaskan di sini http://www.sukawera.com/cara-membuat-scrub-wajah/.

2. Mengoleskan minyak botani

Minyak botani memiliki kandungan lipid tinggi yang mampu melindungi kelembaban kulit sehingga masalah kulit kusam bisa dicegah, minyak ini kaya akan asam lemak dan mudah diserap oleh kulit.

3. Pilih makanan dengan benar

Makanan berpengaruh besar terhadap kecantikan kulit, tubuh memproduksi kolagen yang mempengaruhi kekencangan, kehalusan dan kecerahan kulit. Namun ketika seseorang mengkonsumsi makanan tinggi kalori, gula ataupun lemak maka kolagen dapat mengalami kerusakan sehingga tidak memberikan manfaat secara maksimal.

Untuk itu pilihlah makanan yang baik dan tinggi nutrisi agar produksi kolagen meningkat dan tidak terjadi kerusakan pada kolagen itu sendiri.

Makanan yang mampu meningkatkan kolagen dan sekaligus menjaganya adalah makanan yang terdiri dari sayur-sayuran, buah-buahan dan ikan laut.

4. Gunakan tabir surya dengan SPF 30

Walaupun penggunaan tabir surya dengan SPF 15 sudah mampu melindungi kulit dari sinar matahari namun akan lebih baik lagi jika tabir surya yang digunakan memiliki tingkat SPF lebih tinggi.

Lalu apa hubungannya antara tabir surya dan kulit kusam? Tabir surya berperan melindungi kulit dari radikal bebas dari sinar matahari. Selain itu sinar matahari juga dapat mengurangi kelembaban kulit sehingga cepat atau lambat permukaan kulit akan kusam.

5. Gunakan pelembab

Kulit kering juga menjadi salah satu penyebab utama masalah kulit kusam, untuk itu gunakan produk pelembab agar kulit terhindar dari kedua masalah tersebut.

tags: