Lima Cara Mudah Mengatasi Rambut Bercabang

cara mudah mengatasi rambut bercabangRambut bercabang memang menjadi persoalan serius bila tidak segera ditangani, banyak produk yang mengklaim mampu mengatasi persoalan satu ini, entah benar atau tidak klaim mereka, hanya yang pernah mencobanya saja yang dapat membuktikannya.

Terlepas dari benar atau tidaknya produk tersebut, kali ini kami akan mengulas tentang berbagai langkah mudah untuk mengatasi masalah rambut bercabang. Tidak ada cara khusus di sini, kita hanya perlu mencari tahu apa penyebabnya lalu melakukan langkah tepat untuk menanggulanginya.

Oleh sebab itu tulisan ini juga akan berisi penyebab dan solusi apa yang tepat, silahkan baca tulisan ini sampai selesai. Berikut ini adalah lima cara mudah mengatasi rambut bercabang seperti dilansir dari berbagai sumber.

Terkena panas

Salah satu penyebab rambut bercabang adalah terpapar suhu panas, kondisi ini terjadi baik karena efek sinar matahari maupun penggunaan hair dryer yang tidak tepat. Jika persoalan yang sedang kita hadapi disebabkan oleh hal ini maka langkah terbaik untuk mengatasinya adalah dengan cara mengurangi penggunaan hair dryer dan melindungi rambut dari terik matahari.

Untuk melindungi rambut dari paparan sinar ultraviolet, kita bisa menggunakan topi atau peralatan lain agar sinar tersebut tidak mengarah langsung ke kepala.

Efek bahan kimia

Kerusakan juga sering diakibatkan oleh bahan kimia, senyawa ini biasanya ditemukan pada berbagai jenis produk perawatan rambut seperti sampo, kondisioner atau lain-lainnya.

Bila ini yang menjadi pemicunya maka perhatikan kembali label pada kemasan produk yang sedang kita gunakan, lihat baik-baik berapa persen kandungan kimia dalam produk tersebut.

Akan lebih bijak jika beralih pada produk yang lebih alami atau kadar kimianya terbatas. Dalam banyak kasus, senyawa ini bisa mengakibatkan kerontokan secara permanen, jadi perhatikan baik-baik apa yang kita gunakan.

Menggosok rambut

Banyak diantara kita yang masih menggosokkan handuk pada rambut setelah selesai mandi, hal ini sebenarnya berbahaya karena bukan saja dapat menyebabkan rambut bercabang, namun juga dapat mengurangi kadar kelembaban alaminya.

Solusinya adalah hentikan menggosok rambut dengan handuk, cukup peras agar sisa air dapat dibuang lalu tutupi kepala dengan handuk.

Pola makan tidak sehat

Sebagian orang tidak menyadari bahwa makanan yang sekarang dikonsumsi dapat berpengaruh langsung pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kurang mengkonsumsi buah dan sayur bisa berakibat fatal bagi kulit dan rambut, kedua organ tubuh ini membutuhkan vitamin dan nutrisi yang umumnya terdapat dalam buah dan sayuran.

Jika ternyata masalah ini diakibatkan karena tubuh tidak mendapat vitamin dan nutrisi tepat, maka mulailah untuk mengkonsumsi buah dan sayur secara rutin.

Dibiarkan memanjang tanpa diperhatikan

Cara paling mudah dan cepat untuk mengatasi persoalan ini tentu saja dengan memangkasnya, tidak perlu khawatir karena kita hanya perlu memangkas ujung rambut sekitar 1 sampai 2 inchi saja. Langkah ini harus dilakukan minimal satu kali dalam 4 atau 8 minggu.

tags: