Lima Cara Merawat Rambut Berjilbab

cara merawat rambut berjilbabCara merawat rambut berjilbab – Selain kulit, rambut termasuk salah satu bagian yang kerap kali bermasalah terutama bagi wanita yang berhijab.

Wanita berhijab disebut lebih rentan terhadap rambut kering, masalah ketombe dan bercabang. Meski demikian, anda tidak perlu merubah kebiasaan memakai hijab atau jilbab.

Cukup ikuti lima tips di bawah ini secara teratur maka semua masalah rambut saat mengenakan jilbab dapat diatasi secara alami.

Berikut ini merupakan lima cara merawat rambut berjilbab seperti dijelaskan oleh beberapa pakar perawatan rambut.

1. Kenakan jilbab saat rambut dalam keadaan kering

Menggunakan jilbab saat rambut dalam keadaan basah menimbulkan banyak masalah mulai dari rambut rontok, bau tak sedap hingga masalah ketombe.

Oleh sebab itu, pastikan rambut dalam keadaan kering sebelum mulai menggunakan hijab.

Terdengar sepele, namun fakta di lapangan membuktikan masih banyak hijabers yang langsung mengenakan jilbab meski rambut masih dalam keadaan basah.

2. Gunakan jari untuk menyisir rambut

Tips ini hanya dilakukan saat rambut masih dalam keadaan basah. Hal ini bertujuan untuk menghindari rambut kusut dan kerontokan.

Sisir hanya digunakan saat rambut sudah dalam keadaan kering untuk mengurangi kerontokan.

Sayangnya langkah ini pun jarang sekali dilakukan oleh hijabers. Banyak dari mereka yang langsung menggunakan jilbab tanpa menyisir rambut terlebih dahulu.

Kalau pun ada, sebagian besar dari mereka langsung menggunakan sisir meski rambut masih dalam keadaan basah.

3. Pilih jenis jilbab yang tepat

Menurut dr. Lilik Norawati, SpKK, jilbab yang paling baik digunakan adalah jilbab yang terdiri dari bahan katun. Jenis ini terbukti mampu menyerap keringat dari kulit kepala sehingga meminimalisir masalah ketombe.

Perlu diketahui bahwa ketombe merupakan musuh utama para hijabers.

4. Gunakan karet rambut longgar

Salah satu cara merawat rambut berjilbab agar terhindar dari berbagai macam masalah adalah menggunakan karet rambut yang longgar.

Hal ini bertujuan agar akar rambut tidak mengalami stres akibat tarikan kuat dari karet tersebut. Langkah ini hanya perlu dilakukan bagi anda yang memiliki rambut panjang.

5. Gunakan kondisioner secara teratur

Kondisioner berguna untuk menjaga kulit kepala dan rambut tetap lembab. Ini penting mengingat hijabers kerap bermasalah dengan rambut kering.

Pilih produk kondisioner yang tepat lalu gunakan setiap kali anda keramas.

Jalankan semua cara merawat rambut berjilbab di atas agar anda tetap nyaman menggunakan hijab tanpa perlu merasa khawatir dengan kesehatan rambut.

tags: