Lima Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Banyak wanita mencari cara memutihkan kulit, baik dengan cara alami maupun melalui penggunaan berbagai macam produk pemutih kulit.

Paparan sinar matahari yang diterima kulit secara setiap hari bisa berdampak langsung pada perubahan warna kulit. Kulit akan tampak kusam dan muncul bercak hitam di sana-sini.

Solusi yang banyak digunakan orang adalah menggunakan produk pemutih kulit yang banyak dijumpai di toko kecantikan dan penjual kosmetik.

Sebenarnya ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai pengganti produk tersebut, anda bisa menemukannya di bawah ini.

Berikut adalah lima cara memutihkan kulit secara alami yang telah terbukti ampuh dan aman digunakan oleh siapa saja.

1. Lidah buaya

gel lidah buaya

Banyak sekali manfaat lidah buaya yang bisa kita dapatkan, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini adalah kemampuannya dalam mengatasi pigmentasi.

Pigmentasi sendiri merupakan salah satu faktor atau alasan utama kenapa warna kulit tidak merata dan cenderung kusam. Untuk inilah kenapa banyak pakar kulit menjadikan lidah buaya sebagai pemutih alami kulit.

Adapun cara memutihkan kulit dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

  • Siapkan beberapa batang lidah buaya lalu kupas kulitnya
  • Oleskan daging atau gel lidah buaya langsung ke permukaan kulit
  • Tunggu selama 20 menit atau sampai kering
  • Bilas sampai bersih dengan air dingin
  • Lakukan langkah ini setiap hari selama seminggu atau sampai anda merasa hasilnya telah cukup

2. Kunyit

bubuk kunyit

Selain dapat mengembalikan warna dasar kulit, kunyit juga memiliki sifat antioksidan alami dan antiseptik yang dapat mencegah berbagai macam gangguan yang berasal dari paparan sinar matahari. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda baca delapan manfaat kunyit di halaman ini >>> http://www.sukawera.com/delapan-manfaat-kunyit-bagi-kecantikan/.

Cara memutihkan kulit dengan kunyit sangat mudah, cukup pilih salah satu dari dua cara berikut ini:

  • Campurkan satu sendok makan bubuk kunyit dengan satu sendok teh tepung terigu dan satu sendok makan cairan jeruk lemon. Aduk sampai rata lalu oleskan ke kulit, diamkan selama 20 menit kemudian bilas sampai bersih
  • Campurkan susu krim dengan satu sendok makan kunyit lalu aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan ke wajah atau kulit dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air

3. Pepaya

buah pepaya

Sejak zaman dahulu, banyak orang menggunakan pepaya sebagai bagian dalam ritual kecantikan mereka khususnya dalam hal perawatan kulit.

Buah ini bahkan diayakini memiliki sifat pemutih kulit alami yang jika diterapkan dengan dapat membantu kita memperoleh kulit putih alami.

Berikut cara memutihkan kulit dengan menggunakan buah pepaya sebagai bahan dasarnya:

  • Konsumsi buah pepaya secara teratur, kebiasaan ini akan menghilangkan segala macam racun dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan kulit
  • Oleskan daging pepaya ke kulit dan tunggu sampai kering, jika sudah, bilas dengan air
  • Tumbuk pepaya dan campurkan dengan satu sendok makan cairan jeruk lemon. Oleskan pada wajah lalu tunggu selama 15 menit kemudian bilas dengan air

4. Oatmeal

pasta oatmeal

Selama ini oatmeal lebih dikenal sebagai bahan alami untuk menghilangkan keruput dan tanda penuaan lainnya, padahal sebenarnya kita juga bisa menggunakan oatmeal untuk memutihkan kulit.

Cara terabik memutihkan kulit dengan menggunakan oatmeal bisa di lihat di bawah ini:

  • Campurkan satu sendok teh cairan lemon, sedikit bubuk kunyit dan satu sendok teh oatmeal. Aduk beberapa menit sampai membentuk pasta, oleskan pasta tersebut ke kulit dan diamkan hingga kering. Jika sudah, bersihkan dengan air dingin
  • Campurkan jus tomat dengan satu sendok makan oatmeal, oleskan ke wajah dan tunggu selama 20 menit lalu bilas dengan air

5. Mentimun

irisan buah mentimun

Mentimun atau ketimun sudah sejak lama digunakan untuk mengencangkan kulit, penggunaan biasanya dalam bentuk masker atau dioleskan secara langsung.

Selain itu, mentimun juga diketahui dapat memutihkan kulit dan mengembalikan warna dasar serta kecerahan kulit penggunanya.

Untuk mengencangkan wajah menggunakan ketimun sudah pernah kami bahas beberapa hari yang lalu, sedangkan cara memutihkan kulit dengan mentimun adalah sebagai berikut:

  • Parut satu buah mentimun lalu campurkan dengan satu sendok makan madu, oleskan ke wajah dan bilas setelah kering
  • Siapkan satu sendok teh cairan jeruk lemon dan satu sendok teh mentimun yang telah halus. Oleskan langsung ke kulit dan biarkan sampai kering lalu bilas

Semua cara memutihkan kulit yang sudah kami jelaskan di atas murni menggunakan bahan alami sehingga penggunanya tidak perlu khawatir akan efek sampingnya, silahkan anda coba dan buktikan sendiri keampuhannya.

tags: