Lima Bahaya yang Ada di Salon Rambut

bahaya di salon rambutDr. Debra Jaliman, seorang penulis buku berjudul Skin Rules menyatakan bahwa selama ini ada banyak bahaya yang ada dalam salon namun tidak banyak orang mengetahui hal ini. Merskipun salon rambut merupakan tempat terbaik dalam perawatan rambut, namun bila tidak hati-hati terhadap lima hal ini maka dapat membahayakan pengunjung.

Berikut adalah lima bahaya yang ada di salon rambut seperti dinyatakan oleh Dr. Debra Jaliman.

Bak cuci sampo

Banyak penellitian telah membuktikan bahwa bersandar pada bak cuci sampo yang biasa ada di salon rambut dapat merusak bagian leher seseorang. Bersandar pada benda atau sesuatu yang keras seperti bak sampo yang terdapat dalam salon dapat menyebabkan robeknya arteri pada leher sehingga menyebabkan penggumpalan darah bahkan kematian.

Bila kondisinya memang tidak bisa lagi dihindari, maka disarankan untuk meletakkan handuk atau bantalan pada permukaan bak tersebut agar tidak terjadi kerusakan pada arteri.

Ingat, jangan sepelekan hal sekecil apapun karena bila dilakukan terlalu sering maka hal kecil tersbeut bisa menimbulkan bahaya besar.

Kebersihan perangkat

Karena digunakan untuk semua pengunjung maka kebersihan perangkat yang digunakan juga menjadi pertanyaan tersendiri, kita tahu bahwa di setiap rambut mungkin ditemukan kuman, bakteri atau jamur yang bisa berpindah ke kulit kepala orang lain dengan perantara perangkat salon tersebut.

Oleh sebab itu di beberapa negara maju, ada peraturan yang wajib ditetapkan terkait penggunaan perangkat tersebut. Salah satu contoh peraturan tersebut adalah sisir atau sikat rambut harus terlebih dahulu dibersihkan dengan sabun lalu direndam ke dalam disinfektan yang terdaftar di negara tersebut.

Pencucian dan perendaman tersebut dilakukan sebelum digunakan ke pengeunjung, artinya tiap pengunjung berhak mendapatkan perangkat yang bersih dan hak tersebut dilindungi oleh negeranya. Bagaimana dengan negara kita? Adakah hak kita tersebut sudah dijamin oleh negara ataukah masih belum terlindungi hingga sekarang?

Senyawa kimia

Memang tidak semua bahan kimia berbahaya bagi manusia, bila digunakan dengan benar dan tidak berlebihan mungkin senyawa tersebut dapat bermanfaat. Namun prinsip dasarnya adalah manusia bisa lebih baik tanpa bahan kimi, baik pada tubuh bagian dalam maupun pada bagian luar.

Senyawa kimia yang paling banyak ditemukan dalam salon adalah formaldehida, senyawa ini diketahui dapat memicu atau meningkatkan resiko seseorang terhadap kanker dan leukemia.

Selain senayawa tersebut, bahan yang digunakan untuk relaksasi juga diketahui mengandung amonium thioglycolate, lithium hidroksida, kalsium hidroksida dan guanidin karbonat yang dapat membahayakan kulit serta rambut.

Ventilasi udara yang buruk

Anda bisa membuktikannya dengan berkunjung ke salon dan bagaimana cara mereka menangani ventilasi udara. Tidak akan banyak jendela yang bisa anda temukan sehingga udara bersih dalam ruangan tersebut sangat terbatas. Kondisi ini membuat banyak salon menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman.

Pengering rambut

Jika alat ini digunakan hanya beberapa saat saja tidak mengapa, namun bila digunakan terlalu lama maka dapat mengurangi kelembaban kulit kepala sehingga rambut akan kering. Masalahnya sekarang adalah banyak pegawai di salon rambut yang menyuruh pengunjungnya untuk mengenakan pengering rambut lalu meninggalkannya tanpa kita tahu harus berapa lama pengering tersebut berada di atas kepala kita.

tags: