Lima Aturan Sederhana Hidup Sehat

aturan sederhana hidup sehatKecantikan tidak akan dapat dipisahkan dari tubuh yang sehat dan bugar. Tanpa itu semua maka sia-sia belaka berbagai metode dan usaha yang kita lakukan agar terlihat cantik selama ini.

Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk dapat hidup sehat, namun karena kurangnya informasi membuat sebagian orang berpendapat bahwa hidup sehat memiliki banyak aturan dan syarat yang harus dipenuhi/dijalankan.

Berikut adalah lima aturan sederhana hidup sehat agar tetap terlihat bugar dan cantik secara alami.

1. Tinggalkan kebiasaan merokok

Bukan hanya pria yang memiliki kebiasaan ini, namun wanita juga tidak kalah banyak jumlahnya. Kebiasaan merokok dapat menimbulkan gangguan kesehatan serius baik pada organ dalam maupun pada organ luar.

Contoh organ luar yang terpengaruh langsung oleh asap rokok adalah kulit dan rambut, keduanya akan mengalami kerusakan dan cenderung menjadi lebih kusam dan kering. Sedangkan gangguan lebih serius yang mungkin didapat oleh perokok adalah kanker paru, jantung, kanker mulut dan berbagai penyeakit mematikan lainnya.

Penelitian terbaru menyebutkan bahwa satu dari lima orang di Amerika meninggal dunia setiap hari akibat kebiasaan ini.

2. Jangan palsukan tubuh atau warna kulit

Untuk dapat tampil cantik namun tetap sehat rumusnya cuma satu, yakni berusaha memaksimalkan potensi yang telah dianugerahkan pencipta kepada kita. Jadi bukan merubahnya atau membentuk ulang seenak kita sendiri, karena fakta membuktikan bahwa memalsukan tubuh atau merubah bentuknya sangat berbahaya untuk kesehatan itu sendiri.

Salah satu kebiasaan wanita di negara-negara maju adalah merubah warna kulitnya menjadi kecoklatan dengan cara tanning atau berjemur di bawah sinar matahari. Hal ini sangat berbahaya karena paparan sinar matahari dapat menimbulkan kanker kulit yang sangat mematikan.

Selain itu suhu tinggi yang mengarah langsung ke kulit juga dapat menyebabkan kulit kering, bersisik dan muncul tanda penuaan. Jadi sekali lagi, syukuri dan maksimalkan apa yang telah kita miliki dan jangan sesekali berkeinginan untuk merubahnya.

3. Ketahui kadar kolesterol dan kadar gula

Kolesterol adalah salah satu penyebab penyakit atau serangan jantung, sedangkan gula darah tinggi menyebabkan diabetes. Untuk mencegahnya, terlebih dahulu kita harus mengetahui berapa tepatnya kadar kolesterol dan gula dalam darah kita.

Dengan mengetahui kadar tersebut kita dapat berjaga-jaga setiap saat, dan ketika ditemukan lonjakan pada salah satu atau keduanya kita dapat mengambil langkah pencegahan sedini mungkin.

Ingat bahwa jantung dan diabetes merupakan dua penyakit paling mematikan dan banyak diidap oleh manusia modern.

4. Olahraga, olahraga, olahraga!

Untuk menjaga jantung tetap sehat, American Heart Association menyarankan orang untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Selain dapat menjaga kondisi jantung, aktifitas ini pun memiliki efek positif untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Minum teh setiap hari

Teh yang paling dianjurkan adalah jenis teh hijau karena jenis ini memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi. Antioksidan diperlukan oleh tubuh untuk menangkal segala radikal bebas yang dapat mengganggu metabolisme tubuh dan merusak jaringan kulit dan rambut.

tags: