Kunci Utama Untuk Mendapatkan Rambut Sehat

Kunci Utama Untuk Mendapatkan Rambut SehatRambut bagi seorang wanita adalah segalanya, apapun cara dan biaya yang dibutuhkan mereka akan rela melakukannya asal rambut yang mereka miliki tetap halus, bersinar, lembut dan tidak mudah rontok. Untuk mendapatkan keinginan tersebut memang tidak mudah, banyak hal yang mesti kita lakukan agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Untuk memudahkan pembaca sekalian, kami rangkum beberapa informasi penting tentang cara merawat kesehatan rambut. Berikut adalah kunci utama untuk mendapatkan rambut sehat seperti dilansir oleh WebMd.

Perawatan yang dilakukan dibagi dua, pertama adalah perawatan bersifat umum dan terakhir perawatan bersifat khusus tergantung dari jenis rambut masing-masing.

Untuk perawatan bersifat umum, silahkan baca dan terapkan langsung panduan di bawah ini;

Membersihkan rambut

Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa untuk membersihkan rambut hanya perlu menggunakan sampo, tanpa mengetahui informasi pendukung lainnya. Untuk mencegah kerusakan pada rambut akibat kesalahan saat mencuci rambut, perhatikan beberapa tips berikut:

  • Cuci rambut dengan sampo lembut hanya tiga hari sekali, jangan pernah lebih dari itu karena dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit kepala
  • Gunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut masing-masing, hal ini untuk menjaga pH kulit kepala tetap seimbang
  • Pastikan untuk membasahi kulit kepala dan seluruh helaian rambut sebelum menerapkan sampo
  • Tuangkan sampo ke telapak tangan lalu oleskan secara merata ke seluruh bagian rambut dan kuilt kepala, jangan lupa untuk melakukan pemijitan lalu diamkan beberapa saat baru kemudian dibilas
  • Jangan pernah gunakan rambut atau alat pengering, biarkan rambut mengering dengan sendirinya
  • Jika ingin lebih berkilau, gunakan air dan cuka putih saat membilas rambut
  • Pastikan untuk memangkas ujung rambut setidaknya sebulan sekali
  • Oleskan masker rambut seminggu sekali, lihat di sini cara pembuatan dan pemakaiannya [Baca: Cara merawat rambut rusak dengan masker]

Perawatan dari dalam

Selain melakukan berbagai perawatan di atas, kita juga diharuskan untuk melakukan perawatan dari dalam. Metode yang dilakukan tergolong mudah namun sangat sulit dijalankan karena biasanya akan bertentangan dengan kebiasaan kita selama ini.

Beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut diantaranya sebagai berikut:

  • Hindari mengikat rambut dan menariknya terlalu keras, hal ini bukan saja dapat mengurangi kekuatan akar namun juga memicu produksi minyak berlebih
  • Segera atasi stres karena dapat menyebabkan kerusakan dan kerontokan pada rambut, jika kesulitan meredakan gangguan tersebut maka kita bisa mengkonsumsi suplemen magnesium
  • Perhatikan pola makan, pastikan tubuh mendapat asupan zinc, protein, zat besi, sulfur dan vitamin B

Kedua tips di atas adalah perawatan umum yang harus dilakukan oleh siapa saja tanpa memandang jenis rambut, sedangkan perawatan khusus bisa anda lihat di bawah ini.

Untuk rambut kering

Kondisi ini terjadi karena rambut tidak memproduksi sebum atau minyak dalam jumlah wajar, akibatnya kutikula akan terbuka dan mengalami kekeringan.

Untuk mengatasi kondisi di atas kita hanya membutuhkan dua hal, pertama sampo pelembab dan kedua masker rambut yang dirancang untuk melembabkan.

Rambut berminyak

Kondisi ini merupakan kebalikan dari rambut kering, produksi minyak cenderung berlebihan sehingga rambut akan terlihat lepek dan kotor karena debu akan mudah terjebak.

Untuk mengatasinya lakukan pemijatan setiap menjelang tidur, pemijatan ini difokuskan pada kulit kepala, jika diperlukan gunakan minyak esensial seperti minyak zaitun atau lavender.

Rambut kusam

Kondisi ini terjadi ketika kutikula tidak berhasil memantulkan kembali cahaya yang datang, untuk mengatasinya campurkan perasan jeruk lemon dan tambahkan cuka putih secukupnya.

Oleskan pada seluruh helaian rambut lalu diamkan selama beberapa menit, bilas hingga bersih dengan air dingin dan biarkan kering dengan sendirinya.

tags: