Konsumsi Makanan Ini Untuk Mengatasi Kulit Berminyak

makanan mengurangi kulit berminyakTubuh manusia sangat terpengaruh dengan apa yang dimakannya hari ini atau kemarin, oleh sebab itu banyak ahli menyarankan seseorang untuk meninggalkan makanan tertentu dan mengkonsumsi lebih banyak makanan jenis lainnya agar penyakit yang sedang diderita bisa lebih mudah diatasi atau dicegah.

Teori di atas bukanlah teori tak berdasar, berbagai penelitian membuktikan hal tersebut dan telah diakui dalam dunia kesehatan. Lalu apakah masalah minyak berlebih yang sering dialami oleh kalangan remaja juga terkait dengan pola makan mereka?

Memang tidak semuanya diakibatkan oleh pola makan, namun sebagian besar kasus yang ditemukan menunjukkan adanya hubungan kuat antara masalah tersebut dengan makanan yang mereka konsumsi setiap harinya.

Beberapa jenis makanan tertentu memang diketahui dapat memicu produksi minyak berlebih, namun sebaliknya, ada juga makanan yang memiliki efek sebaliknya yakni menurunkan tingkat produksi minyak.

Makanan apa sajakah itu? Berikut penjelasan lengkapnya. Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi kulit berminyak.

Jeruk

Buah ini kaya akan kadar air dan memiliki serat tinggi, artinya kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan dapat diproses dengan cepat. Sedangkan kandungan vitamin C dalam buah ini membantu tubuh dalam membakar lemak yang tidak dibutuhkan.

Buah ini pun memiliki sifat antioksidan yang berguna sebagai pelindung kulit dari segala macam bahaya akibat radikal bebas dan polusi lingkungan.

Makanan rendah lemak

Makanan berlemak yang biasa ditemukan pada makanan olahan, gorengan sangat berbahaya bagi kulit. Hal ini dikarenakan lemak tersebut tidak mudah diproses oleh tubuh sehingga efeknya akan segera terlihat pada kulit.

Membiasakan diri untuk mengkonsumsi makanan rendah lemak adalah pilihan tepat jika anda bermasalah dengan minyak berlebih. Daging ayam tanpa kulit, yogurt rendah lemak dan ikan panggang adalah beberapa contoh makanan yang baik untuk dikonsumsi.

Makanan mentah

Makanan mentah dianggap memiliki tingkat kepadatan rendah namun tinggi serat sehingga tubuh akan lebih mudah memprosesnya, meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan membersihkan tubuh dari berbagai jenis racun.

Teori ini dikemukakan oleh Dr. Mehmet Oz, seorang pakar diet dan kebugaran tubuh. Adapun makanan yang bisa dimakan diantaranya adalah semua jenis buah dan sayur, rumput laut, kelapa muda dan lain sebagainya. Dalam waktu empat minggu saja kulit akan kembali cerah dan terbebas dari minyak berlebih.

Jenis minuman

Selain makanan, minuman juga memberikan andil pada kesehatan kulit seseorang. Minuman yang dianjurkan untuk mengurangi produksi minyak adalah air putih. Hindari minuman bergula dan minuman bersoda, selain memiliki kandungan kalori tinggi, minuman ini pun dianggap dapat mengganggu kesehatan.

tags: