Ketombe – Masalah Terbesar Wanita

Masalah Terbesar WanitaDari sejak zaman dulu, rambut dianggap sebagai aset yang tak tergantikan bagi seorang wanita. Impian memiliki rambut indah, tebal, kuat dari akarnya, subur dan bercahaya adalah salah satu keinginan kaum hawa.

Akan tetapi impian tersebut semakin sulit terwujud saat rambut mulai mengalami kerusakan, kerusakan ini pada umumnya diakibatkan oleh gaya hidup kurang sehat atau faktor dari luar lainnya seperti radikal bebas dan polusi udara.

Kerusakan biasanya meliputi kerontokan, bercabang, penipisan, kusam, kusut, berminyak dan masih banyak lagi lainnya. Namun diantara sekian banyak jenis kerusakan atau gangguan pada rambut, ketombe adalah masalah terbesar wanita.

Ketombe sendiri merupakan serpihan kulit kepala dan umumnya memiliki ukuran kecil. Sebagian masyarakat meyakini bahwa masalah ini disebabkan oleh stres dan gangguan genetik.

Faktanya belum ada pakar yang berani memastikan apa sebenarnya yang memicu ketombe, semua jawaban yang beredar sekarang hanyalah dugaan sementara dan masih dikaji ulang oleh pakar lainnya.

Meskipun gangguan ketombe bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, akan tetapi perempuan remaja dianggap lebih sering mengalami masalah ini dibanding lainnya. Walaupun belum ada yang memastikan penyebab utama masalah ini, namun beberapa pakar menduga adanya campur tangan jamur di dalamnya.

Sebagian ahli lainnya berpendapat bahwa kulit kepala yang terlalu kering atau berminyak dapat menjadi pemicu persoalan ini. Namun kembali lagi, tidak ada satupun pakar yang dapat memastikan apa sebenanya penyebab masalah ketombe.

Dari sekian banyak pendapat dan pandangan yang ada, kami berhasil mengumpulkan dan merangkumnya menjadi satu. Tujuannya adalah untuk mempermudah pembaca dalam menggali informasi ketombe sejauh mungkin. Meskipun pendapat ini hanyalah dugaan para ahli, tidak ada salahnya kita mengetahui hal apa saja yang dianggap memiliki kaitan dengan ketombe.

Jamur

Banyak ahli yang mengkaitkan gangguan ketombe dengan jamur, jamur dianggap sebagai salah satu pemicu utama munculnya persoalan tersebut dikalangan para remaja putri.

Kulit mati

Beberapa ahli lainnya berpendapat bahwa ketombe merupakan hasil dari proses alami tubuh, secara periodik kulit mati akan dihilangkan baik dari kepala maupun dari bagian tubuh lainnya.

Jika proses pengelupasan kulit ini berlangsung secara cepat dan dalam jumlah banyak maka orang biasa menamakannya dengan ketombe. Teori ini sekaligus menyatakan bahwa ketombe bukan hanya terjadi pada kulit kepala, namun juga pada wajah, hidung, leher dan bagian belakang telinga.

Berminyak

Meskipun pendapat ini sekilas bertentangan dengan pendapat yang menyatakan bahwa ketombe diakibatkan oleh kulit kepala kering, namun jika ditelisik lebih dalam sangat masuk akal.

Minyak berlebih akan membentuk suatu lapisan di permukaan kulit kepala, lapisan ini akan mengering dan seiring dengan berjalannya waktu akan terkelupas.

Penggunaan sampo yang salah

Penggunaan produk yang kurang tepat memang dapat menimbulkan masalah tersendiri, begitu pula dengan sampo.

Perubahan hormon

Ini adalah salah satu dugaan yang sering dilontarkan pakar rambut, perubahan hormon yang terjadi secara drastis diduga menjadi salah satu penyebab ketombe. Kondisi ini biasa terjadi pada wanita yang sedang kedatangan tamu bulanannya.

tags: