Kenapa Saya Berjerawat? Ini Penjelasannya

Kenapa Saya BerjerawatDelapan dari sepuluh remaja bermasalah dengan jerawat, setidaknya hal tersebut menjadi gambaran betapa rentannya anak remaja sekarang dengan gangguan jerawat. Masa remaja memang masa paling renmtan terhadap jerawat karena di masa inilah sering terjadi perubahan hormonal.

Hormon yang tidak stabil merupakan salah satu penyebab utama munculnya jerawat, sedangkan remaja yang paling sering mengalami perubahan hormon didominasi oleh perempuan.

Lalu apa saja yang perlu diketahui tentang jerawat dan kenapa saya berjerawat? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Definisi dan penyebabnya

Tema ini sebenarnya sudah pernah kami ulas secara lengkap di halaman ini [Baca: Definisi, pengertian, penyebab dan penyembuhan jerawat]. Bila anda belum pernah membacanya, silahkan baca penjelasan tersebut karena halaman ini hanya akan melengkapi informasi yang tidak sempat kami jelaskan di halaman tersebut.

Jerawat adalah benjolan berukuran kecil yang terdapat pada permukaan kulit, ukuran jerawat sendiri ditentukan pada tingkat keparahan masalah tersebut. Semakin parah jerawat yang dialami oleh remaja maka semakin besar pula ukurannya.

Adapun bagian tubuh yang paling sering ditumbuhi jerawat adalah wajah, leher, punggung dan bahu. Sedangkan untuk memahami apa penyebab utama dari masalah ini adalah dengan memahami awal mula etrbentuknya jerawat.

Proses terbentuknya jerawat

Pori-pori dan folikel di bagian bawah permukaan kulit memiliki kelenjar minyak yang bertugas untuk memproduksi minyak. Minyak atau sebum tersebut digunakan untuk melumasi kulit serta rambut.

Dalam keadaan normal, produksi minyak berjalan sebagaimana mestinya dan jumlah produksinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Namun ketika perubahan hormon terjadi maka kelenjar minyak akan beraktifitas lebih aktif sehingga produksi minyak meningkat tajam.

Ketika kondisi ini terjadi maka minyak berlebih tersebut berpotensi menyebabkan pori-pori tersumbat. Minyak yang bercampur dengan sel kulit mati pada lubang pori-pori membuat bakteri Propionibacterium acnes mudah berkembang biak untuk kemudian menginfeksi kulit sehingga muncul benjolan berwarna merah di permukaan kulit.

Itulah proses terbentuknya jerawat, dari sini bisa kita ketahui bahwa jerawat lebih sering disebabkan oleh produksi minyak berlebih dan tumpukan sel kulit mati yang menyumbat lubang pori-pori.

Mitos seputar jerawat

Banyak mitos atau anggapan tidak berdasar terkait persoalan ini. Salah satu mitos yang paling banyak diyakini orang adalah terkait makanan.

Banyak orang beranggapan bahwa ketika mengkonsumsi makanan tertentu seperti coklat misalnya, dianggap dapat memicu masalah jerawat. Selain itu paparan sinar matahari dianggap mampu mengurangi jerawat, padahal faktanya sinar matahari bisa menyebabkan masalah baru pada kulit.

Bagaimana mengatasi jerawat

Banyak metode yang sudah kami publikasikan tentang topik ini mulai dari pemilihan dan penggunaan obat yang dianggap efektif dalam menghilangkan jerawat, hingga resep tradisional untuk megnatasi persoalan tersebut.

Silahkan buka halaman berikut [http://www.sukawera.com/jerawat/] dan pilih metode mana yang menurut anda lebih baik dan mudah dijalankan.

tags: