Kenapa masker madu baik untuk kulit?

masker madu baik untuk kulitSetiap masker memiliki fungsi dan tujuannya masing-masing, meski demikian hampir semuanya memiliki persamaan manfaat seperti melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dan melembabkan.

Madu memiliki manfaat yang tidak terhitung jumlahnya, bahan yang dikeluarkan oleh lebah ini baik untuk kulit bahkan untuk kulit yang sangat rentan terhadap berbagai bahan kimia atau produk sintesis lainnya.

Untuk mengetahui kenapa banyak ahli merekomendasikan masker ini, ada baiknya kita ketahui dulu berbagai informasi penting yang berhubungan erat dengannya.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa masker madu baik untuk kulit dan banyak dianjurkan oleh para ahli kecantikan.

Komponen

Sebagian besar dari kita menganggap madu hanya mengandung gula, atau setidaknya banyak mengandung gula. Ternyata keyakinan kita selama ini tidak terlalu benar.

Selain mengandung gula, madu juga mengandung berbagai vitamin dan nutrisi seperti vutamin B dan mineral seperti fosfat, kalium, sulfur dan kalsium.

Selain kandungan penting tersebut, madu juga bersifat sebagai antioksidan alami dan memiliki asam alpha hidroksi yang keduanya berguna untuk menambah tingkat kelembaban serta memperlambat munculnya tanda penuaan pada seseorang.

Maka jangan heran jika hampir semua produk masker atau perawatan yang mengandung madu lebih sering digunakan untuk dua hal tersebut, yakni sebagai pelembab alami dan penghilang keritan atau tanda penuaan.

Manfaat untuk kulit kering

Dengan mengkombinasikannya dengan putih telur, kita bukan saja dapat menambah kelembaban namun juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat semua kulit mati.

Untuk langkah dan cara pembuatannya, kita telah mengulas pada artikel sebelumnya [Baca: masker wajah untuk mengatasi kulit kering].

Manfaat untuk kulit berminyak

Madu bersifat sebagai antioksidan dan antibakteri yang ampuh untuk mengatasi segala bakteri penyebab jerawat. Inilah salah satu alasan kenapa madu digunakan untuk mengendalikan gangguan jerawat.

Untuk teori satu ini, kita telah membahasnya secara mendalam pada beberapa artikel sebelumnya diantaranya [Baca: Manfaat masker madu].

Aturan pakai

Seperti pada semua masker yang memiliki aturan pakai, pada masker madu juga diketahui terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal ini berhubungan dengan kesehatan kita.

Ingat bahan sebaik apapun jika penggunaannya tidak mengikuri prosedur maka justru dapat mendatangkan bahaya. Oleh karenanya ikuti semua petunjuk pembuatan dan cara pemakaian agar terhindar dari semua hal yang mungkin bisa berakibat buruk bagi kita.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah uji coba, uji coba ini dilakukan untuk mengetahui reaksi terhadap produk perawatan atau masker buatan tangan kita tersebut.

Untuk melakukannya cukup oleskan sedikit ke tangan lalu tunggu selama beberapa menit. Lihat apakah produk tersebut mempengaruhi kulit seperti muncul iritasi, rasa panas atau gatal yang tiba-tiba datang menyerang.

Jika ini ditemukan maka itu berarti kulit kita tidak dapat menerimanya. Namun jika tetap dalam keadaan baik maka produk tersebut bisa terus kita gunakan.

tags: