Kenapa Madu Baik Untuk Kulit?

Madu Baik Untuk KulitMungkin kita telah sering mendengar atau membaca berbagai resep kecantikan terutama dalam kaitannya dengan perawatan kulit yang menyertakan madu sebagai media utamanya, namun masih banyak yang belum mengerti atau belum tahu tentang manfaat madu untuk kulit dan cara penggunannya.

Kim Wallace seorang pakar kecantikan kulit menyebutkan bahwa diantara sekian banyak manfaat madu yang bisa kita ambil diantaranya adalah sifat antioksidan dan antibakteri di dalamnya. Keduanya merupakan sifat yang sangat berguna untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindung dari radikal bebas yang datang dari luar.

Kim Wallace juga menyimpulkan bahwa madu memiliki manfaat unik yang mungkin tidak ditemukan pada bahan alami lain, manfaat itu meliputi:

  • Mencegah atau memperlambat tanda penuaan
  • Memberikan kelembaban pada kulit
  • Mencegah jerawat karena sifat antibakteri yang ada di dalamnya
  • Membersihkan pori-pori

Manfaat tersebut bisa kita dapatkan jika cara penggunaan sesuai dengan anjuran dan aturan yang berlaku, untuk mengetahui lebih dalam terkait hal ini, silahkan baca sampai tuntas.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa madu baik untuk kulit, penjelasan dilengkapi dengan manfaat madu, cara penggunaan dan penerapannya pada kulit.

Melembutkan kulit

Bila dibandingkan dengan berbagai produk pelembut kulit yang banyak terdapat di pasaran, maka madu jauh lebih baik dari pada mereka, dengan syarat cara penggunaannya telah benar-benar tepat. Salah satu cara untuk mendapatkan kulit halus dengan menggunakan madu adalah mencampurkan dua cangkir madu ke dalam air hangat lalu gunakan untuk berendam selama 10 sampai 20 menit.

Bila ini dilakukan setiap hari baik pagi atau malam, maka hasilnya akan lebih cepat terasa. Cobalah sekarang juga dan anda akan melihat hasilnya sendiri.

Digunakan sebagai pelengkap scrub

Agar kulit tetap cerah dan kecncang, kita harus melakukan pengangkatan sel kulit mati dari permukaan kulit. Scrub adalah salah satu media yang banyak digunakan orang untuk melakukan pengangkatan kulit mati tersebut.

Kita tidak perlu membeli scrub, cukup dengan dua bahan alami saja kita sudah memperoleh scrub yang memiliki manfaat sama dengan produk komersil.

Campurkan dua sendok teh ke dalam baking soda lalu aduk sampai rata, oleskan pada kulit lalu gunakan ujung jari untuk memijatnya dengan gerakan melingkar.

Penggunaan baking soda bertujuan untuk mengangkat seluruh sel kulit mati dari permukaan dan pori-pori, sedangkan madu digunakan agar proses pengangkatan tersebut tidak menimbulkan iritasi.

Digunakan sebagai pembersih wajah

Madu dapat melarutkan sisa makeup dan kosmetik yang menempel di wajah, apalagi jika dikombinasikan dengan beberapa minyak nabati seperti minyak jojoba atau minyak kelapa murni.

Hanya dengan mengoleskannya pada wajah dan memijatnya secara perlahan, sisa makeup yang menempel bisa dengan mudah dihilangkan tanpa harus bermasalah dengan kulit kering.

Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat

Flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dapat dihilangkan dengan madu, begitu pula bekas jerawat yang masih ringan dapat pula diatasi dengan bahan kaya manfaat ini.

Cukup teteskan madu ke atas flek hitam atau bekas jerawat sebelum tidur, lalu biarkan di sana semalaman dan bersihkan keesokan harinya.

Digunakan sebagai masker wajah

Madu dikenal sebagai media untuk membuat masker wajah, masker yang terbuat dari madu diketahui dapat melembabkan kulit sekaligus membersihkan lubang pori-pori dari sisa minyak dan kulit mati.

Cara pembuatan dan penggunaannya telah kami jelaskan beberapa bulan yang lalu, silahkan anda baca di halaman ini http://www.sukawera.com/cara-menghilangkan-keriput-dengan-masker-madu/

tags: