Kelebihan dan Kekurangan Diet Medifast

Kelebihan dan Kekurangan Diet MedifastSeperti telah dijelaskan pada artikel sebelumnya bahwa metode ini menerapkan aturan ketat terhadap kalori dan menggunakan teknik ketosis untuk menurunkan berat badan agar berlangsung cepat.

Pembatasan kalori membuat tubuh secara otomatis membakar lemak yang ada dalam tubuh untuk kemudian dijadikan sebagai pengganti dari sumber energi. Oleh sebab itu penurunan berat badan tergolong sangat cepat dibanding metode diet lainnya.

Meskipun demikian, setiap metode pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Nah untuk mengetahui apa saja kekurangan dan kelebihan metode ini, silahkan baca penjelasannya di bawah ini.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan diet medifast seperti dilansir oleh WebMd.

Mudah dilakukan

Mediast bukan hanya menyediakan berbagai aturan dan larangan yang harus diikuti oleh pesertanya, namun juga menyediakan paket makanan yang telah disesuaikan agar sesuai dengan aturan tersebut. Kita cukup membelinya dan tidak perlu lagi menghitung kalori, memilah-milah makanan dan lain sebagainya.

Paket makanan ini sudah tersedia di toko-toko makanan lengkap dengan aturan untuk memudahkan pengguna atau anggotanya. Bayangkan jika kita sendiri yang harus memilih makanan, menghitung kalori setiap hari dan menyiapkan menu harian seperti layaknya metode diet lainnya.

Menurunkan berat badan secara cepat

Karena kalori yang kita konsumsi setiap hari hanya berkisar antara 800 hingga 1000 saja, maka tubuh akan membakar lemak untuk dijadikan sumber energi dalam jumlah besar. Kita tahu bahwa masalah berat badan erat kaitannya dengan lemak yang tertimbun di beberapa bagian tubuh.

Ketika lemak berhasil di bakar dan dialih gunakan maka saat itu juga berat badan akan mengalami penurunan.

Variasi makanan

Ini adalah salah satu kekurangan medifast, tidak banyak variasi makanan yang bisa kita konsumsi. Terlebih jika kita atau peserta memiliki alergi terhadap makanan tertentu maka tidak ada jalan lain selain meninggalkan metode ini.

Selain itu mengkonsumsi makanan yang sama dalam beberapa hari mendatang tentu bukanlah sesuatu yang mudah dijalankan. Rasa bosan kerap menjadi salah satu pemicu kegagalan yang dialami oleh para peserta.

Biaya tinggi

Untuk membeli paket makanan dibutuhkan uang atau anggaran bulanan yang tidak sedikit jika diukur dengan kondisi perekonomian bangsa Indonesia. Biay6a yang dibutuhkan untuk membeli paket makanan dalam satu bulan berkisar antara 3 jutaan.

Bandingkan dengan upah atau gajih yang diterima oleh masyarakat kita sekarang ini, penghasilan mereka 80% berkisar antara 2 sampai 3 juta saja tiap bulannya.

Bau badan

Seperti dijelaskan pada awal tulisan ini bahwa metode ini menggunakan lemak sebagai sumber energi tubuh, proses pembakaran lemak menghasilkan aseton. Aseton ini menyebabkan seseorang bermasalah dengan bau mulut dan bau badan, hal ini jelas sangat mengganggu jika pesertanya termasuk orang yang harus beraktifitas di tengah orang banyak.

tags: