Jerawat tidak normal

Jerawat tidak normalMeskipun gangguan ini biasa kita temukan pada remaja namun bukan berarti ini merupakan gangguan yang biasa dan bisa dianggap sepele begitu saja. Pada beberapa kasus ada jerawat yang tidak bisa lagi dikategorikan normal.

Jika tidak mendapat penanganan dari dokter secara langsung maka masalah tersebut akan lebih sulit diatasi dan tentunya dapat mengganggu rasa percaya diri korbannya.

Berikut adalah berbagai informasi penting terkait dengan jerawat tidak normal mulai dari efek, penyebab dan langkah penanganannya.

Tipe

Conglobata merupakan salah satu bentuk jerawat yang dianggap tidak normal karena dapat berukuran hingga beberapa sentimeter, dalam banyak kasus jerawat tipe ini lebih sering menyebabkan peradangan dan bekas luka mendalam.

Inilah salah satu penyebab kerusakan kulit terbesar yang mengakibatkan kulit akan terlihat tidak rata karena terdapat berbagai cekungan di sana-sini pada bagian wajah atau anggota tubuh lainnya.

Cekungan yang sering pula kita namakan dengan bopeng tidak dapat diatasi hanya dengan langkah-langkah biasa, namun diperluka perawatan dokter kulit secara berkala dan tentunya membutuhkan biaya tidak sedikit.

Tipe ini pun tidak jarang memicu peradangan pada seluruh anggota badan, rasa nyeri dan sakit luar biasa ketika salah satu anggota tubuh terkena jerawat tipe ini dianggap sebagai hal biasa.

Penyebab

Ada empat hal yang menjadi pemicu gangguan tersebut, diantaranya adalah tersumbatnya pori-pori, produksi minyak berlebih, infeksi bakteri dan peradangan atau iritasi.

Tipe di atas disinyalir disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada kulit dengan disertai penyumbatan pada pori, hal ini diperparah dengan produksi minyak berlebih sehingga ketiga hal tersebut memicu peradangan yang dapat memperparah keadaan.

Efek

Efek gangguan ini pada penderitanya tidak jauh berbeda dengan apa yang dialami oleh para remaja, mereka mungkin akan mengalami stres dan depresi berkepanjangan.

Mulai menjauhi lingkungan sekitarnya, masalah pada kepercayaan diri serta masih banyak lagi efek yang mungkin ditimbulkan oleh gangguan kulit ini. Untuk mengetahui hal tersebut lebih dalam lagi, silahkan baca artikel berikut ini [Baca: Bagaimana cara jerawat mempengaruhi kesehatan remaja?].

Langkah pengobatan

Pengobatan bisa dilakukan dari rumah bila memang telah mendapat izin dari dokter terkait, sedangkan obat yang biasanya digunakan adalah krim yang mengandung isotretinoin.

Jika pada jerawat pada umumnya kita cukup menggunakan krim yang mengandung benzoil peroksida, namun khusus untuk tipe ini krim tersebut kurang ampuh jika digunakan.

Pengobatan yang diperlukan bisa berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun tergantung dari tingkat keparahan gangguan tersebut. Meskipun dilakukan dari rumah, pasien tetap harus berkonsultasi dengan dokter secara berkala agar dokter tahu perkembangan pasiennya.

Peringatan

Meskipun krim yang mengandung isotretinoin dianggap paling ampuh dalam membrantas masalah tersebut, namun menurut American Academy of Dermatology tidak semua orang dapat menggunakannya.

Penggunaan tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah serius seperti cacat permanen dan lain sebagainya, oleh sebab itu mengunjungi dokter sebelum mulai menggunakan krim tersebut adalah wajib hukumnya.

tags: