Jerawat dan Pengobatan Alami

jerawat dan pengobatan alamiPolusi udara, radikal bebas dan pola makan yang buruk memberikan efek langsung pada munculnya jerawat. Jerawat memiliki banyak jenis dan bentuk, tingkat keparahan bisa dilihat dengan mengetahui jenis-jenis tersebut.

Semakin parah jerawat maka semakin sulit pula untuk dihilangkan, dengan mengetahui segala hal yang berhubungan dengan jerawat seperti jenis, penyebab, pencegahan dan cara pengobatan alami maupun pengobatan medis dapat menghindarkan kita dari masalah tersebut.

Untuk jenis-jenisnya telah kami jelaskan secara details di halaman berikut, silahkan baca penjelasan lengkap mengenai jenis dan tingkat keparahan jerawat di http://www.sukawera.com/tingkatan-dan-level-jerawat/.

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang jerawat dan pengobatan alami seperti dikutip dari berbagai macam sumber.

Penyebab

Faktor penyebab jerawat sebenarnya telah berulang kali kami jelaskan di beberapa kesempatan terdahulu, tapi tidak ada salahnya mengulasnya kembali sekaligus menambahkan hasil penelitian terbaru dari pakar kulit. Beberapa hal yang dianggap dapat memicu jerawat meliputi:

  • Kekurangan cairan: Cairan berfungsi untuk membilas tubuh dan kulit dari segala jenis racun lalu mengeluarkannya dari kelenjar keringat atau saluran pembuangan. Jika racun dalam tubuh tidak segeral dibuang maka dapat menyebabkan kerusakan baik pada organ tubuh maupun pada kulit yang berpotensi terhadap gangguan jerawat
  • Merokok: Kebiasaan ini dapat membuat kulit tidak mampu menghirup udara dan merusak jaringan sel kulit
  • Stres atau depresi
  • Efek samping pengobatan medis
  • Polusi lingkungan sekitar dan radikal bebas
  • Pola makan buruk
  • Efek samping penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki kualitas di bawah standar

Jika jerawat yang sedang kita derita tidak terlalu parah maka bisa diatasi dengan berbagai metode pengobatan alami seperti berikut ini.

Bawang putih

Tumbuk bawang putih sampai halus lalu oleskan pada jerawat, selain menggunakan bawang putih secara langsung, kita juga bisa menggunakan ekstrak bawang putih yang telah tersedia di toko kecantikan atau apotik terdekat.

Jeruk lemon

Kupas jeruk lemon lalu peras dan masukkan cairannya ke dalam mangkuk, oleskan cairan jeruk lemon tersebut langsung pada jerawat dan diamkan selama 15 menit.

Saat pertama kali menggunakannya, kita mungkin akan merasakan panas dan gatal pada area jerawat, biarkan saja, tidak perlu takut karena metode ini terbukti aman dan tidak menyebabkan iritasi.

Mentimun

Cara lainnya adalah dengan menggunakan buah mentimun, tumbuk sampai halus dan balurkan pada jerawat, diamkan selama 10 sampai 20 menit kemudian bersihkan.

Kayu manis dan madu

Kayu manis dan madu memiliki satu kesamaan yakni bertindak sebagai antibakteri dan kuman, masukkan keduanya ke dalam mangkuk lalu aduk sampai rata sampai terbentuk adonan. Oleskan adonan tersebut ke jerawat dan biarkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih.

Semua pengobatan alami di atas berguna untuk menghilangkan jerawat dengan tingkat keparahan sedang dan kebawahnya, sedangkan untuk jerawat yang sudah sangat parah maka jalan terbaik adalah dengan mendatangi dokter kulit. Sekali lagi perlu diperhatikan, baca terlebih dahulu penjelasan kami tentang jenis dan tingkat keparahan jerawat untuk mengetahui metode apa yang sebaiknya digunakan.

tags: