Jerawat dan jeruk lemon

jerawat dan jeruk lemonMeskipun pengobatan jerawat pada umumnya dilakukan dengan obat oles atau topikal, namun tidak ada salahnya jika pengobatan dikombinasikan dengan perubahan pola makan yang lebih baik.

Jadi bukan saja mengobati dari luar namun juga dari dalam tubuh dengan cara mengeluarkan seluruh racun dan bakeri yang mungkin sudah masuk terlalu dalam sehingga obat oles tidak berfungsi secara maksimal.

Lalu apa yang harus dimakan untuk menjalankan pengobatan dari dalam? Banyak sekali dan sebagian diantaranya pernah kita bahas, silahkan lihat kembali halaman ini [Baca: Cara mengatasi jerawat parah dengan makanan].

Selain itu masih ada satu hal yang diketahui efektif dalam melenyapkan gangguan tersebut, salah satunya adalah jeruk lemon. Untuk mengetahui bagaimana cara melakukannya silahkan baca beberapa informasi penting di bawah ini.

Berikut adalah keterangan lengkap mengenai jerawat dan jeruk lemon seperti dikutip dari beberapa sumber ahli.

Vitamin C dan jerawat

Kita pasti telah tahu bahwa makanan atau buah yang mengandung vitamin C umumnya memiliki antioksidan yang tinggi, antioksidan ini baik bukan hanya untuk kulit namun juga bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Begitu pula dengan jeruk lemon, buah asam ini mengandung antioksidan tinggi yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat. Kita bahkan sering mendapati resep masker yang menggunakan bahan dasar jeruk lemon yang dikhususkan untuk mengatasi berbagai macam persoalan kulit termasuk jerawat.

Penggunaan jeruk lemon

Menurut sebuah jurnal terbitan tahun 2008, di situ tertulis bahwa beberapa penelitian menunjukkan keefektifan jeruk lemon untuk menghilangkan jerawat, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa hanya dengan mengoleskannya ke bagian kulit bermasalah maka dalam beberapa hari atau minggu kedepan masalah tersebut benar-benar teratasi.

Lalu apakah hanya itu saja cara pakainya? Tentu tidak, kita bisa memanfaatkan jeruk ini dengan cara meminumnya. Buatlah segelas minuman ringan yang terdiri air lemon dengan ditambah sedikit madu untuk mengurangi rasa asamnya.

Peradangan dan racun

Racun yang beada dalam tubuh dapat meningkatkan peradangan pada permukaan kulit, bila hal ini terjadi maka masalah jerawat akan semakin bertambah parah dan lebih sulit untuk diobati.

Air lemon mengandung beberapa nutrisi dan vitamin penting yang bila dikonsumsi maka dapat meningkatkan produksi glutathione dalam tubuh. Glutathione sendiri merupakan antioksidan alami yang melindungi hati dan berperan untuk mengeluarkan segala jenis racun dari tubuh sehingga dapat mengurangi peradangan.

Peringatan

Meskipun telah terbukti dapat mengeluarkan racun dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita namun bila air lemon dikonsumsi terlalu banyak maka dapat menimbulkan efek samping yang mungkin berbahaya.

Oleh sebab itu konsumsilah buah ini sewajarnya saja dan dalam kadar yang tidak berlebihan. Apapun itu jika sudah dilakukan secara berlebihan dapat membawa efek buruk bagi tubuh.

Selain itu perlu juga diperhatikan bahwa, penyembuhan jerawat kadang kala membutuhkan waktu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan, oleh sebab itu bila dalam tiga hari pemakaian masalah tersebut tidak juga sirna maka jangan berkecil hati.

tags: ,