Jerawat dan iritasi kulit

jerawat dan iritasiKeduanya memiliki hubungan erat dan tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya. Kita dapat dengan mudah mencegah dan mengobati gangguan jerawat jika tahu betul dengan permasalahan tersebut.

Seperti dikutip dari Mayo clinc, jerawat merupakan gangguan yang menimbulkan luka di bagian permukaan kulit. Masalah ini bukan saja dapat ditemukan pada wajah namun juga pada bagian tubuh lain yang memiliki kelenjar minyak seperti bahu, punggung, leher dan tangan.

Jerawat sendiri dibagi menjadi beberapa tipe, dan yang paling parah adalah jerawat yang meningglakan luka atau bekas permanen yang tidak bisa dihilangkan begitu saja kecuali dengan operasi.

Berikut adalah informasi lengkap terkait jerawat dan iritasi pada kulit seperti yang kami kutip dari Mayo Clinic.

Penyebab

Terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berlemak tinggi seperti hamburger, kentang goreng dan coklat menjadi salah satu pemicunya. Selain itu penyumbatan pada pori-pori karena kulit mati dan minyak serta debu diketahui menjadi pemicu utama masalah ini.

Penyumbatan tersebut mengakibatkan kulit kuang mendapat suplai oksigen dan tersumbatnya folikel sehingga pada akhirnya memicu terjadinya iritasi pada kulit.

Iritasi ini menyebabkan terjadinya pembengkakan, pembengkakan inilah yang biasa kita namakan dengan jerawat.

Sampai sini, kita bisa mengetahui bahwa penyebab gangguan ini dibagi menjadi dua macam. Pertama faktor eksternal seperti malas membersihkan wajah sehingga terjadi penyumbatan pada pori-pori, dan kedua adalah faktor internal seperti gemar mengkonsumsi makanan berlemak dan berminyak.

Pencegahan

Setiap penyakit atau gangguan kesehatan tentu bisa dicegah sedini mungkin, tentunya dengan cara-cara yang tepat dan jauh dari kesan asal-asalan.

Langkah pencegahan pertama yang wajib kita jalankan tentu saja dengan menghindari sejauh mungkin semua penyebabnya, kemudian hindari semua hal yang dapat meningkatkan resiko kita terhadap gangguan tersebut.

Pada beberapa kesempatan terdahulu, kita telah mengulas hal ini secara tuntas. Silahkan baca kembali beberapa informasi penting di halaman berikut [Baca: 9 penyebab jerawat].

Saran

Jika terlanjur bermasalah dengan penyakit ini, kita bisa menggunakan penghilang jerawat yang banyak dijual di toko obat atau warung di dekat tinggal kita.

Namun jika masalah ini masih juga membandel, maka gunakan beberapa langkah yang pernah kita bahas bersama [Baca: cara alami mengobati jerawat].

Kita juga bisa memilih salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut, sudah banyak cara alternatif yang pernah kami terbitkan, silahkan baca kembali artikel-artikel lainnya.

Perlu diperhatikan

Seperti dinyatakan oleh American Academy of Dermatology, bakteri penyebab jerawat dapat menginfeksi bagian lain saat bakteri tersebut berpindah tempat.

Perpindahan bisa terjadi saat kita terlalu sering menyentuh dan menggaruknya, oleh sebab itu para ahli sangat melarang hal ini dilakukan. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh jerawat adalah salah satu hal yang direkomendasikan para ahli untuk mencegah penularan pada bagian kulit lain.

tags: